Home         Who Am I         Corner         Rate Card         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

11 May 2016

Ngemil sambil Gelosoran bareng mommy Carolina Ratri

 




Holaaa...


Setelah kemarin kita Bertualang ke Negeri Fantasi bersama Iza Arsalan, nah, sekarang saatnya kita Ngemil sambil Gelosoran bareng mommy Carolina Ratri.
 

Udah kenal kan yaa sama mommyku, Carolina Ratri, atau yang akrab dipanggil mommy Carra? Udah tau kan buku karya mommy Carra? Yang belum kenalan, kenalan dulu yuk di tempat yang bener-bener bikin aku betah dan susah move on sama mommy Carra. Buat yang udah kenal, akan lebih mengenal dan jatuh cinta dengan karya-karyanya.. Ho.. ho.. ho..

Oke, simak yuk acara Bincang Santai bareng
Mommy Carra..


Hallo, Mbak Carra, apa kabarnya? Waaahhh, lagi sibuk apa nih sekarang?

Halo Asri :) Kabar baik. Sekarang lagi rutin aja, ngurusin promosi di Penerbit Stiletto Book, terus ngedit dan nulis di www.RockingMama.id

Ehm, Mbak Carra, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan, mbak? Ehm, Mbak Carra, kalau boleh tau nih, hobi menulis itu sejak kapan sih? Ceritain dong, Mbak Carra, awal mula naskahnya diterbitkan sama penerbit Stiletto?

Sudah seneng nulis sejak kecil, tapi ya biasalah, nggak dibolehin sama ortu. Mendingan belajar matematika, katanya dulu kalau saya udah mulai mau nulis bikin cerita :D Kalau naskah diterbitkan di Stiletto Book, kebetulan dulu sebelum mulai kerja di Stiletto Book, aku tergabung dalam komunitas penulis nonfiksi Stiletto. Jadi, setiap kali ada tema yang ditawarkan oleh Stiletto Book aku ikutan bikin outline. Nah, outline terbaiklah yang akan diterbitkan jadi buku. Aku sih belum pernah lolos audisi outline itu. Tapi terus ngobrol sama Mbak Herlina P Dewi, eh ternyata beliau lagi butuh penulis untuk buku panduan toko online. Kebetulan (lagi) waktu itu aku masih kerja di sebuah perusahaan ekspor furniture dan aku khusus nanganin e-marketingnya, jadi ya cucoklah. Jadi aku nulis deh buat Stiletto :D  

Kalau boleh tau nih, ada alasan khusus nggak, Mbak Carra memilih judul dari setiap novel Mbak Carra dalam bahasa Indonesia atau Inggris? Kemudian bisa diceritain nggak, kenapa Mbak Carra lebih memilih menulis apa yaa namanya non fiksi yaa, mbak Carra?

Aku belum pernah nulis novel :P *maapkeun*. Kalau untuk nonfiksi, iya, aku lebih suka nulis buku nonfiksi karena buatku pasar nonfiksi itu jauh lebih panjang ketimbang fiksi. Sampai 2 tahun setelah diterbitkan ini, buku Sukses Membangun Toko Online masiiiih ada aja yang nyari. Puji Tuhan. Aku kurang optimis malah kalau nulis fiksi, karena siapa sih Carra? Bukan Dee atau Ika Natassa yang novelnya sampe ditungguin orang. Buat bisa bertahan di toko buku selama lebih dari 8 bulan aja mungkin ngos-ngosan. Tapi kalau buku nonfiksi, insya Allah, sih bakalan terus banyak yang nyari, karena ilmu pengetahuan itu kan nggak pernah aus. Pasti ada aja yang pengin belajar. 

Adakah cerita di balik penulisan setiap karya Mbak Carra tersebut? Ada tantangan/kesulitan tersendiri nggak? Kalau ada, di karya apa, bab berapa?
Setiap buku ada perjuangan sendiri-sendiri. Untuk buku pertama Sukses Membangun Toko Online, sebenarnya malah nggak begitu ada kesulitan berarti. Karena waktu itu kebetulan aku udah punya outline yang pas, tinggal poles-poles. Begitu ACC langsung tulis berdasarkan pengalaman aja.

Yang buku Blogging: Have Fun and Get the Money itu agak tersendat ya. Tahu-tahu udah setahun aja nggak kelar-kelar. Hihihi. Problemnya malah di awal penulisan. Ada banyak pertimbangan, sampai-sampai ngubah outline berapa kali ya. Buku Blogging lebih berat, karena aku nggak mau sampai salah mengarahkan orang yang membaca buku tersebut. Aku nggak mau orang jadi salah persepsi, bahwa dengan ngeblog kita bisa kaya, bisa dapat uang gampang tanpa usaha, dan jadi matre. Aku pengin ngasih tahu, bahwa ngeblog itu soal passion dan niat berbagi, sedangkan uang itu akan datang kemudian dengan sendirinya. Jadi, aku memang hati-hati banget di situ.

Karya yang manakah yang favorit atau difavoritin sama Mbak Carra? Apa alasannya?

Dua-dua buku soloku itu cukup memuaskan untukku, meski tahu banget sih, masih ada kekurangan di sana sini. Tapi waktu nulis sih ya emang udah semaksimal mungkinlah. Semoga bermanfaat buat banyak orang.

Apakah setiap kali Mbak Carra menulis cerita selalu disertai dengan riset? Biasanya membutuhkan waktu berapa lama?

Hadeh. Ini pertanyaan buat penulis novel kayaknya ya :))) *huum, tapi setidaknya pasti ada riset kan?*
Untuk nonfiksi, jelas harus riset meski dua buku yang kutulis itu aku sudah punya pengalaman semua. Risetnya sejauh, apakah orang lain juga melakukan apa yang aku lakukan selama ini? Terus lebih ke data-data supaya lebih akurat sih. Nggak tahu berapa lama sih riset aku lakukan. Kayaknya aku melakukan riset di sepanjang proses penulisan.

Ada rencana nggak dalam waktu dekat ini akan ada karya Mbak Carra yang terbit lagi? Kasih bocorannya donggg. Atau ada rencana lain di dalam karir kepenulisan Mbak Carra?

Belum tahu. Sekarang masih nyusun outline lagi, tapi belum aku kasih lihat atau kasih tahu ke siapa-siapa. Juga lagi nyiapin buku satu lagi buat Stiletto Book, tapi belum tahu juga bentuknya kayak apa. Doakan aja ya :D

Apakah Mbak Carra ingin mencoba sesuatu yang baru selain karya yang mbak tulis saat ini? Emm, misalnya saja, menjadi komikus atau apa gitu? Cita-cita mbak Carra dulu apa kalau boleh tau? Samakah dengan passion mbak Carra sekarang ini?

Hahaha. Iya ih, pengin bisa bikin komik. Susah lho! Aku pernah nyoba, dan susah! Sebenarnya aku juga udah ada satu buku kumpulan flashfiction yang ilustrasinya juga aku sketsa sendiri. Tapi ya gitu deh, prioritasnya selalu melorot turun karena ada yang lain yang lebih urgent :))) Akhirnya terbengkalai *nangis*

Cita-cita dulu apa ya. Labil sih aku dulu anaknya. Lihat dokter, pengin jadi dokter. Nonton teater, terus beralih pengin jadi aktris :))) Makanya sampai segede ini masih suka coba ini coba itu, akhirnya nggak ada yang bener-bener expert. Menemukan passion-nya juga jadi telat banget. AKhirnya telat juga mau mulai apa pun.

Mungkin, buat yang belum tau mengenai karya Mbak Carra, bisa diceritain sedikit mbak, mengenai karya-karya Mbak Carra?

Untuk buku yang terbit, saat ini sudah ada sekitar 20 buku antologi cerita pendek dengan tulisanku di dalamnya, diterbitkan mayor dan indie. Buku solo ada 2 biji, "Sukses Membangun Toko Online" dan "Blogging: Have Fun and Get the Money". Sketsaku juga nongol di buku kumpulan cerpen karya Puthut EA "Sarapan Pagi Penuh Dusta". Terus apa lagi ya?
Ke blogku aja deh, kalau mau lihat-lihat portfolio mah hahahha.

Untuk karya Mbak Carra yang mungkin masih tersimpan rapi di laptop, apakah ada rencana akan dilanjutkan kemudian dibukukan?

Pasti dong. Aku nggak pernah menyia-nyiakan apa yang sudah kubuat. Jadi suatu hari nanti, satu per satu pasti berhasil aku eksekusi. Entah gimana caranya.

Menurut Mbak Carra sendiri, blogger buku itu penting nggak sih, dalam karir kepenulisan Mbak Carra saat ini?

Sebagai salah satu bagian dari penerbit, aku merasa blogger buku itu semacam partner. Partner untuk menyebarluaskan mengenai buku yang direkomendasikan, dan partner untuk menyebarluaskan virus gemar membaca. Asri pasti juga tahu kan, kalau minat pembaca di sini tuh minim banget. Sedih, kalau lihat anak-anak muda pada nggak ngerti buku, terus ngaku nggak suka baca buku. Aduh banget! Apalagi aku juga sering dipandang aneh kalau lagi baca buku di tempat umum. Sedih, dek. Sakit! *drama*

Yang terakhir ya, Mbak Carra. Ada pesan nggak untuk para pembaca setia novel Mbak Carra? Dan juga untuk para blogger buku?

Bukan novel ya :))) *bahahaha, iya, mommy.. iya*
Yah, semoga buku-buku saya bermanfaat. Bisa menambah value pada diri masing-masing. Dengan demikian juga bisa memacu saya untuk berkarya lebih baik. Teruslah menyebarkan virus gemar membaca dan gemar membeli buku ya. Iya, sering-sering dan harus beli buku. Supaya para penulis juga mendapatkan apresiasi dan penghargaan akan apa yang sudah dikerjakannya. Sedih kalau ada yang minta gratisan buku pada penulis. Kayak nggak menghargai banget.

***

Gimana bincang santai Peek A Book bareng mommy Carolina Ratri? Asyik kan? Seru banget kan? Jadi, tambah bikin nggak sabar menanti karya selanjutnya, lagi dan lagi. Kira-kira apakah karya selanjutnya sesuai dengan apa yang mommy Carra cita-citakan? Hmm.. Kita tunggu saja tanggal mainnya. 





Makasih banyak, mommy Carra, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk berbincang-bincang santai sama Peek A Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab yaa, mbak *akrab, catet*. Hi.. hi.. hi..

 Untuk karya dari Mommy Carra yang sudah terbit adalah :
23206622  20857859  28792210  24865727  29303928  24865530  24867259  24867231  24864961  24865640  28797854  24865819  24865957  24866128  24865912  

Asyikkk, kelar sudah bincang santai Peek A Book bersama dengan Carolina Ratri. Diantara karya-karya mommy Carolina Ratri di atas, manakah yang sudah kalian baca? Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog Peek A Book.


***

Bincang santai ini menjadi pilihan dari Peek A Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Setelah adanya Guest Post, akhirnya Peek A Book menambah satu postingan baru yaitu Bincang Santai. Semoga dengan adanya postingan ini, semakin menambah pertemanan di antara para blogger dan penulis yaaa..
***
Tentang Carolina Ratri :  


Saya seorang ibu sekaligus pekerja lepas yang bekerja dari rumah. Pernah bekerja sebagai desainer produk handicraft, desainer produk produk furniture dan interior, desainer grafis dan kemudian diangkat menjadi Design & Marketing Supervisor. Kini bekerja secara freelance sebagai Marketing Communicator untuk Penerbit Stiletto Book. Sehari-hari saya juga mengelola sebuah portal web dengan target pembaca ibu-ibu muda berusia antara 23 - 40 tahun, yaitu Rocking Mama, yang bisa diakses di www.RockingMama.id.

Bergabung dengan beberapa komunitas maya, khususnya yang concern di kepenulisan, mendirikan sebuah komunitas penggemar dan penulis FlashFiction bernama Monday FlashFiction. Saya mulai giat menulis fiksi di akhir 2012, dan dikumpulkan di blog khusus fiksi, Fiksi Carra. Penikmat dan penggila cerita pendek, terutama FlashFiction. Tulisan fiksi saya sudah tersebar di berbagai antologi yang diterbitkan oleh penerbit mayor maupun indie. 

Bersama Stiletto Book, saya telah menulis dan menerbitkan buku berjudul "Sukses Membangun Toko Online" yang terbit pada bulan Juli 2014, dan "Blogging: Have Fun and Get the Money" yang terbit awal Januari 2016.

Saya seorang kutu buku yang mengumpulkan review-review buku di blog khusus buku, Carra's Library

Saya juga menjadi freelance content writer untuk beberapa website milik perusahaan / brand. Bisa dilihat di bagian Portfolio Konten.

Saya juga seorang ilustrator, dan biasa mengekspresikan diri lewat sketsa tangan dengan pensil di atas kertas gambar. Karya-karya sketsa sebagai sarana pengekspresian diri saya bisa dilihat di Fanpage Facebook https://www.facebook.com/RedCarraDesigns atau juga bisa dilihat di Deviantart di r3dcarra.deviantart.com.
Saya juga mengerjakan berbagai desain komunikasi visual, seperti desain logo, desain leaflet, corporate kits seperti kartu nama, letterhead, dan sebagainya, catalog books dan lain-lain. Silakan cek ke bagian Portfolio Grafis.
Saya mulai menulis di blog di awal tahun 2007, nggak pernah puas akan hal-hal baru, dan berusaha untuk selalu mencatat semuanya di blog ini.

Blog ini berisi catatan-catatan pribadi mengenai menulis konten kreatif, teknik ngeblog, menulis fiksi (terutama flashfiction), marketing online dan social media, komunikasi visual, dan berbagai pikiran random yang berhubungan dengan kreativitas berkarya.
Kamu bisa menemukan kesehariannya di Blog | Twitter | Email

2 comments:

  1. eaaaaa super keren mba Carra...
    mupeng sma buku-bukunya, dan smoga bisa trbeli ituh buku trbarunya hhhee
    aminn
    TFS ya mbak heee

    ReplyDelete
  2. Wuaaaaa.... kaget dijembrengin semua di sini ahahahaha. Aih *tutup muka* malu.
    Makasih ya, dek :D
    Muah muah!

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...