Home         Who Am I         Corner         Rate Card         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

7 May 2016

Bertualang ke Negeri Fantasi bersama Iza Arsalan | Bincang Santai

 


Holaaa...

Setelah kemarin kita Mencari Cincin bersama mbak Netty Virgiantini, nah, sekarang saatnya kita Bertualang ke Negeri Fantasi bersama Iza Arsalan.
 
Udah kenal kan yaa sama mbak Iza Arsalan? Udah tau kan novel karya Iza Arsalan? Yang belum kenalan, kenalan dulu yuk sambil prepare buat berpetualang bareng kita berdua. Buat yang udah kenal, akan lebih mengenal dan jatuh cinta dengan karya-karyanya.. Ho.. ho.. ho..

Oke, simak yuk acara Bincang Santai bareng Mbak Iza Arsalan..
 
Hallo, mbak Iza, apa kabarnya? Waaahhh, lagi sibuk apa nih sekarang, mbak?

Baik, Kesibukan seperti biasanya. Bekerja sebagai Legal and HR Consultant selain menulis dan mengerjakan dua project novel Quantum of happiness dan Promise.

 

Ehm, mbak Iza, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan, mbak? Ehm, mbak Iza, kalau boleh tau nih, hobi menulis itu sejak kapan sih, mbak? Ceritain dong, mbak, awal mula naskahnya terbit di Diandra Creative.

Awalnya saya kira menulis adalah sekedar hobi. Dari kecil, saya suka menulis. Mulai dari puisi di hari ibu yang saya tulis di bangku SD(Kalau gak salah, waktu itu masih kelas tiga)  SMP, jadi suka menulis ulang dongeng yang dulu diceritakan mama. Beberapa cerpen dan satu novel yang berjudul True Love for Clara. Di bangku SMA dan Kuliah baru sadar, kalau menjadi penulis itu cita-cita profesi masa depan yang ingin diraih. (Sekarang masih berjuang!!) Sehingga, SMA yang harusnya masuk IPA malah memilih kelas bahasa. Beberapa novel juga ditulis semasa kuliah dulu. Cuma, akhirnya tidak selesai dan berakhir dengan hilangnya file. Bisa dibilang, bener-bener fokus nulis ketika mengenal aplikasi wattpad.

Beberapa rekomendasi mengatakan Diandra Creative adalah penerbit yang sudah memiliki kiprah baik di bidang literasi. Akhirnya, saya memutuskan untuk memasukkan dua karya saya(Hati Serapuh Kaca dan Duxerius di Aro – Destiny) dengan jalur self publishing. Tapi sekarang saya sudah tidak lagi bekerja sama dengan Diandra Creative. Perbedaan Visi dan Misi untuk masa depan karya saya sudah tidak bisa lagi dibicarakan. Akhirnya saya  beralih pada Lovrinz Publishing dengan jalur indie untuk tiga buku (Hati Serapuh Kaca, Duxerius Di Aro dan Dark Constellations)



Kalau boleh tau nih, mbak, ada alasan khusus nggak, mbak, memilih  memilih genre romance dan fantasy di karya mbak?

Tidak ada alasan khusus dalam memilih genre sebuah karya. Dan tidak terlalu terpaku dengan genre romance atau fantasy saja. Saya selalu mencoba genre belum pernah saya tuliskan. Sebagai tantangan apakah saya bisa menuliskannya. Sebagai contoh :
Dark Constellations dengan genre Science fiction. Beberapa menyebutnya sebagai action futuristic dengan sentuhan romance. (Karena memang terdapat kisah cinta antara para tokohnya.

Quantum of Happiness walaupun bergenre romance. Saya juga memasukkan tema medical fiction dalam jalinan kisahnya.

Promise dengan genre spyfiction—action dan tambahan romance.

Tapi,ada satu genre yang untuk sementara saya hindari untuk menulisnya. Yaitu novel bergenre religi. Bukan karena saya tidak ingin. Karena menulisnya juga pasti membutuhkan tantangan yang besar. Saya merasa tidak sanggup atau belum mampu, dengan pengetahuan agama saya yang masih kurang dalam banyak hal. Menuliskan genre religi tidak boleh main-main. Harus benar-benar memahami kitab suci, pedoman beragama, keimanan itu sendiri  dan implementasinya di kehidupan sehari-hari.  Akan terasa aneh, jika penulis novel religi ternyata masih atheis. Tidak serta merta bisa mengutip ayat dan menuliskannya di novel. Mungkin nanti, entah kapan. (Pasti ada waktunya)

 Adakah cerita di balik penulisan karya-karya mbak tersebut?  Ada tantangan/kesulitan tersendiri nggak, mbak? Kalau ada, di cerita aoa, bab berapa, mbak?

Hm, Cerita yang seperti apa nih? Tidak ada. Lebih pada imajinasi saja. Mungkin kalau tersirat pesan ada. Tapi, cerita? Belum ada. Penulis bertugas menjual mimpi, memberikan mimpi dan semangat juang bagi para pembacanya. Meniupkan nyawa di karakternya agar tampak nyata. Walaupun, jarang kita temui pribadi yang seperti dalam novel. Kalaupun ada mungkin skala perbandingannya 1: 1000 .

Ada. Novel dengan tingkat kesulitan paling tinggi adalah Quantum of happiness di dalam wattpad berjudul Lara. Novel yang mengangkat tema Medical Fiction. Setting rumah sakit dan seputar penyakit serta profesi dokter. Risetnya butuh waktu yang lama. Tidak boleh main-main karena ini terkait dengan salah satu profesi mulia (Officium Nobile) jangan sampai menodai kode etik yang telah diatur.

 Mbak Iza, apakah setiap kali mbak menulis cerita selalu disertai dengan riset? Biasanya berapa lama, mbak? Kalau untuk menulis cerita mbak yang sudah dibukukan, membutuhkan waktu berapa lama, mbak?

Riset itu pasti. Riset yang terlalu ringan ada pada Hati Serapuh Kaca. Penulisannya cepat dan hanya memakan waktu 3-4 bulan. Karenanya, naskah ini masih perlu banyak perbaikan. Riset yang paling lama ada pasa naskah Duxerius Di Aro (Destiny) Sebenarnya, saya tidak menyebutnya riset. Lebih pada mempelajari bahasa-bahasa dan makhluk mitologi. Akhinya, tercipta Duxerius Di Aro dengan bahasa yang saya reka sendiri.  Untuk Hati Serapuh Kaca penulisan memakan waktu 3-4 bulan. Duxerius di aro(Destiny) ditulis tahun 2012 dan selesai di tahun 2014. Dark Constellations sekitar 5-8 bulan.


Ada rencana nggak, mbak, untuk menerbitkan karya baru lagi dalam waktu dekat ini? Atau ada rencana lain di dalam karir kepenulisan mbak Iza?

Dark Constellations menyusul kemudian Quantum of happiness (Lara)

Mungkin, buat yang belum tau mengenai karya mbak Iza, bisa diceritain sedikit mbak, mengenai karya mbak?

Hm, apa ya karya saya umumnya menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu.  Di setiap genre yang saya tuliskan selalu ada sentuhan romantisme dan kisah cintanya.  Dark Constellations mengangkat tema kekuatan telekinesis dengan setting Indonesia setelah benda langit bersinggungan dengan Bumi. Beberapa yang telah membaca menyebutkan adegan romantisnya cukup manis namun tidak berlebihan.  Diksi yang tepat dan alur yang mudah dipahami.

Menurut mbak Iza sendiri, blogger buku itu penting nggak sih, mbak, dalam karir kepenulisan mbak saat ini?

Penting dong. Dengan adanya blogger buku. Karya-karya penulis pemula seperti saya makin dikenal. Bonusnya,  review yang menambah semangat untuk penulis. (Ditunggu reviewnya ya…)

Yang terakhir ya, mbak. Ada pesan nggak untuk para pembaca setia novel mbak Iza? Dan juga untuk para blogger buku, mbak?

Untuk para pembaca : Maafkan jika beberapa karya dirasa masih kurang sempurna. Tapi, seiring waktu saya akan terus belajar memperbaiki setiap kesalahan yang ada. Untuk para blogger buku : Teruslah membaca dan mereview karya para penulis. Karena, review kalian dibutuhkan untuk pembelajaran bagi para penulis. Terutama para penulis pemula.

 

***

Gimana bincang santai Peek A Book bareng mbak Iza Arsalan? Asyik kan? Seru banget kan? Jadi, tambah bikin nggak sabar menanti karya selanjutnya, lagi dan lagi. Kira-kira temanya masih tetap romance atau akan berubah haluan menjadi apakah? Aw.. aw.. aw.. Kita tunggu saja tanggal mainnya. 

Makasih banyak, mbak Iza Arsalan, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk berbincang-bincang santai sama Peek A Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab yaa, mbak *akrab, catet*. Hi.. hi.. hi.. Dan mohon maaf, jika ada karya mbak yang belum Peek A Book tuliskan reviewnya, karena keterbatasan dalam membaca PDF.
 Untuk novel dari mbak Iza Arsalan yang sudah terbit adalah :
25901648  28000612 
 
Asyikkk, kelar sudah bincang santai Peek A Book bersama dengan Iza Arsalan. Diantara novel karya Mbak Iza Arsalan di atas, manakah yang sudah kalian baca? Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog Peek A Book.

***

Bincang santai ini menjadi pilihan dari Peek A Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Setelah adanya Guest Post, akhirnya Peek A Book menambah satu postingan baru yaitu Bincang Santai. Semoga dengan adanya postingan ini, semakin menambah pertemanan di antara para blogger dan penulis yaaa..
***
https://media.licdn.com/mpr/mpr/shrinknp_200_200/AAEAAQAAAAAAAAaSAAAAJDYwMThhMjU4LThhNjMtNDQ5Zi05NzI5LWY3ZGU2MDM3Y2M4Ng.jpg
 
Tentang Iza Arsalan :
 
Pekerjaan sebagai legal and HR Consultant. Lahir di Surabaya 21 juni 1988.  Karya dikenal sejak aktif di wattpad. 

Karya yang pertama kali selesai adalah Duxerius Di Aro (Destiny) sedangkan yang pertama kali diterbitkan adalah Hati Serapuh Kaca.
 
 Kamu bisa menemukan kesehariannya di Facebook | Wattpad | Blog | Tumblr

No comments:

Post a Comment

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...