Home         Who Am I         Corner         Rate Card         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

7 March 2016

Guest Post | 7 Classic Books Rekomendasi Bzee

 





Holaa..




Setelah kemarin guest post 5 Buku Rekomendasi Blogger Buku Lain yang Ternyata nggak Kelar Saya Baca, kali ini Peek A Book guest post lagi dari sobat Peek A Book. Tentu aja yang dibahas mengenai buku.. Yeay.. 




Guest post kali ini dari mbak Bzee. Apa aja yang mau beliau tulis? Cekidot yukz..  



***  

https://d.gr-assets.com/users/1343536580p8/5547553.jpg
Anggaplah ini mbak Bzee yaaa..
Hallo pembaca Peek a Book yang baik, perkenalkan saya Bzee dari blog Bacaan B.Zee *terima kasih buat kedatangannya di rumah kami*. Kali ini saya diundang main ke sini untuk membahas sedikit rekomendasi buku klasik. Kenapa sedikit? Karena sebenarnya ada banyak sekali buku klasik yang bisa dieksplor di luar sana, coba hitung saja mulai zaman manusia mengenal tulisan sampai hari ini ada berapa masa, dan setiap masa memiliki penulis yang bermacam-macam dan karya yang tidak sedikit.


Sebelumnya, saya mau menyinggung sedikit tentang apa sih yang disebut buku klasik. Buku klasik tidak harus berusia ratusan tahun, bahkan sebenarnya klasik itu relatif sekali terhadap waktu. Yang disebut klasik adalah buku yang terus dibaca dari generasi ke generasi karena sifatnya yang universal dan tak lekang oleh waktu. Jadi, tak salah jika ada yang sudah mengkategorikan Harry Potter sebagai buku klasik, walaupun kita tetap butuh waktu untuk membuktikannya.


Buku klasik juga tidak dibatasi oleh genre. Walaupun kebanyakan kental unsur sastranya, unsur genre juga berpengaruh dalam menjadikan klasik itu diminati, seperti fantasi Lord of the Rings, misteri detektif Sherlock Holmes, romance karya-karya Jane Austen, horor Dracula, dan lain sebagainya. Dan tidak semuanya se’menyeramkan’ yang dibayangkan beberapa orang, apalagi jika kita tahu apa yang kita cari dan kita minati. Faktor lain yang menentukan adalah asal penulis dan masa buku tersebut ditulis, karena biasanya gaya penulisannya berbeda.


Tanpa berpanjang lebar lagi, inilah beberapa rekomendasi klasik favorit saya untuk kamu yang:


  • Mau kisah yang manis, karakter yang bebas, dan enerjik
8127
Anne of Green Gables karya Lucy Maud Montgomery adalah sebuah kisah bildungsroman alias coming-of-age seorang anak yatim piatu bernama Anne Shirley. Anne pertama muncul di usia sebelas tahun, dan sepanjang buku kita akan disuguhkan tingkah konyol dan polos gadis berambut merah ini. Selain menyenangkan, mengikuti perjalanan hidup Anne membuat kita melihat sudut pandang yang berbeda tentang kehidupan. Bagaimana mensyukuri apa yang kita miliki, dan bukannya meratapi apa yang tidak kita miliki, tentang persahabatan, keluarga, cinta, dan banyak lagi. Setting alam yang masih murni, beserta deskripsinya yang cantik, menambah kenikmatan membaca buku ini. Saya baru membaca dua buku dari delapan seri ini, dan sayangnya saya tidak memiliki review buku pertamanya, tetapi ada review buku kedua, Anne of Avonlea, yang ternyata tidak kalah menyenangkannya dari buku pertama.


  • Mau teka-teki, mencintai permainan kata, dan imajinatif
 13023

Alice’s Adventures in Wonderland karya Lewis Carroll adalah pilihan untuk penyuka cerita anak yang punya imajinasi tak terbatas. Saya yakin nama Alice tidak asing, meski kebanyakan mungkin mengenalnya dari adaptasinya. Petualangan Alice bisa kita nikmati sebagai cerita yang unik semata. Namun, untuk yang menginginkan lebih, kita bisa juga memandangnya sebagai sebuah sindiran kehidupan nyata, yang disajikan dalam kisah hiperbolik. Penulisnya yang seorang matematikawan seperti ingin mengajak kita bermain dengan logika dan persamaan, atau sekadar mengajak kita berjalan-jalan di negeri ajaib. Silakan tengok reviewsaya di sini. Oya, saya membaca buku ini dalam bahasa Inggris, karena banyak permainan kata di situ, tetapi kalau ingin membaca versi bahasa Indonesia, ada beberapa penerbit Indonesia yang menerjemahkannya.


  • Mau deskripsi yang indah, kisah yang tenang, dan (mungkin) tidak berakhir bahagia
 2165

Pengalaman membaca The Old Man and the Sea karya Ernest Hemingway cukup berkesan untuk saya. Buku yang tidak terlalu tebal ini sangat menghanyutkan, seperti kita ikut dibawa dalam perahu milik si orang tua di tengah lautan, menanti ikan yang entah akan datang atau tidak. Sebenarnya ceritanya memang begitu, hehe, tetapi kekuatan sesungguhnya memang bukan pada konfliknya, lebih kepada bagaimana penulis menggambarkan konflik tersebut. Lebih lengkap bisa dilihat reviewsaya ini.


  • Mau kisah cinta yang tragis, pria (tampan dan kaya!) yang (terlalu) setia, dan hedonisme
4671

Amerika di awal abad ke-20 dipenuhi oleh ‘orang-orang kaya baru’ yang menimbulkan sebuah gaya hidup yang baru. Di masa ini, seorang penulis bernama F. Scott Fitzgerald melahirkan buku-bukunya, dan salah satu yang paling terkenal adalah The Great Gatsby. Beberapa tahun lalu, filmnya sempat heboh, yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, tetapi percayalah, bukunya jauh lebih dahsyat. Di sini ada kisah cinta lama bersemi kembali antara Jay Gatsby yang kini sudah kaya raya, dengan Daisy Buchanan yang sayangnya sudah bersuami. Namun, mungkin bukan cinta yang bersemi. Mungkin ada hasrat dan mimpi lain yang tersimpan di kedalaman benak manusia, yang terkadang perlu kita kenal lebih dalam untuk memahaminya. Silakan lihat reviewsaya di sini, dan baca bukunya untuk tahu kenapa Gatsby disebut ‘great’.


  • Mau humor cerdas, berbumbu sindiran, dan teman baru yang baik
 5296

Rasanya kurang lengkap kalau saya tidak membawa Oscar Wilde dalam rekomendasi saya. Walaupun penulis favorit saya ini hanya menulis satu novel, ThePicture of Dorian Gray—yang juga saya rekomendasikan—tetapi ada yang lebih ‘ringan’ untuk dibaca karena unsur humor khas Wilde yang kocak sekaligus cerdas. Saya merekomendasikan An Ideal Husband yang berbentuk naskah drama (play). Mungkin di Indonesia tidak banyak yang berani menerbitkan dalam bentuk ini, tetapi sebenarnya menyenangkan dan relatif cepat dibaca. Di sini, ada sebuah pertentangan batin yang dialami sang suami tentang masa lalunya, yang kejujurannya akan menentukan hubungannya dengan sang istri. Apakah kriteria suami ideal itu? Yang sempurna tanpa cacat cela? Yang selalu jujur? Drama ini menunjukkannya dengan karakter-karakter luar biasa yang bermain di dalamnya. Favorit saya tentu saja adalah Lord Goring yang lucu—sahabat sang suami, tetapi ternyata menyimpan kebijaksanaan dan kesetiaan yang saya acungi dua jempol. Baca reviewselengkapnya di sini ya.


  • Suka binatang? Suka politik? Mau dua-duanya?
 7613

Sejak Harry Potter, novel-novel fantasi dengan berbagai macam jenisnya membanjiri penerbitan buku Indonesia, yang kemudian merambah ke distopia yang digawangi oleh The Hunger Games. Namun, jauh sebelumnya, novel distopia punya cara yang lebih bervariasi untuk menyampaikan kritiknya. Salah satu distopia klasik yang mengesankan saya adalah Animal Farm karya George Orwell. Dalam cerita ini, Orwell menggambarkan pemberontakan hewan-hewan ternak atas kesewenang-wenangan manusia. Buku ini tipis, tetapi isinya sangat ‘penuh’. Walaupun ditulis di era Perang Dunia II, konflik politik yang tersirat dalam kisah ini masih tampak hingga sekarang. Tak perlu tahu sejarah, tak perlu suka politik, baca buku ini, dan seperti itulah dunia kita. Ini review saya.


  • Mau kisah klasik bangsa sendiri
 1398034

Saya akui, dengan agak malu, bahwa saya masih jarang membaca karya penulis Indonesia. Baru beberapa tahun terakhir ini saya mengeksplorasi karya beberapa penulis. Dan salah satu penulis klasik Indonesia yang wajib disebutkan adalah Pramoedya Ananta Toer. Dari beberapa karyanya yang saya baca, memang Bumi Manusia, buku pertama dari Tetralogi Pulau Buru yang paling berkesan (saya belum membaca buku selanjutnya). Di sini, ada kisah perjuangan bangsa Indonesia yang dibalut dalam hubungan antara pribumi dan nonpribumi. Lebih dari itu, ini adalah kisah tentang bumi manusia dan persoalannya. Selengkapnya, baca reviewsaya


Itulah sebagian buku klasik terbaik yang pernah saya baca. Sebenarnya masih banyak favorit saya, tapi karena tempatnya terbatas, tujuh saja sudah cukup. Kalau ingin melihat-lihat lebih banyak, bisa kunjungi blog saya di bawah tag classic, atau akun goodreads saya di sini. Mau minta rekomendasi lain, boleh tanya-tanya di twitter @bzee_why atau email busy_mail125@yahoo.com. Jangan lupa like page Bacaan B.Zee di Facebook ya. 


Last but not least, kalau ingin mengunduh secara gratis buku klasik (dalam bahasa Inggris) yang sudah tidak terikat hak cipta (terbit lebih dari 100 tahun yang lalu, atau penulisnya meninggal lebih dari 70 tahun yang lalu), biasanya saya suka mencari di gutenberg.org atau lebih banyak link disini.


Terima kasih.
  ***


Oke, itu tadi adalah 7 Classic Books Rekomendasi Bzee. Dan ternyata, ada 1 buku yang masih setia ada di rak buku Peek A Book dan belum Peek A Book baca hingga saat ini, Alice *yeayyy*. Semoga tahun ini, Peek A Book bisa baca dan menyelesaikannya yaa, udah 14 tahun soalnya. Buat yang ingin kenalan sama Mbak Bzee, bisa dicolek di akun Twitter | Goodreads | Blog.



Terima kasih, mbak Bzee, sudah mampir ke Peek A Book. Untuk guest post selanjutnya, nantikan yaaa, only on Peek A Book.

5 comments:

  1. Wah bacaan klasik Mbak Bzee sangat kaya, ya. Saya jadi malu, dari 7 buku di atas, saya baru baca Bumi Manusia (dan The Picture of Dorian Gray--kalau itu dihitung, sih). Jadi makin semangat utk baca buku klasik,nice post 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangatttt buat baca buku klasik :))

      Delete
  2. Aku baru baca yang Bumi Manusia. Gak begitu ngerti sama novel klasik luar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga dengan ini bisa tambah pengetahuan judul novel klasik yaa, mbak :)).. Semangat buat mbaknya :))

      Delete
  3. Hai hai, makasih sudah diundang.

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...