Home         Who Am I         Corner         Rate Card         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

21 June 2016

A Little Time Cappucino with Riawani Elyta

 

Holaaa... 
Setelah kemarin kita Mengenal Leyla Hana lebih dekat, nah sekarang saatnya kita A Little Time Cappucino with Riawani Elyta.
 
Udah kenal kan yaa sama mbak Ria? Udah tau kan buku karya mbak Ria? Yang belum kenalan, kenalan dulu yuk sama mbak Ria . Buat yang udah kenal, akan lebih mengenal dan jatuh cinta dengan karya-karyanya.. Ho.. ho.. ho..

Oke, simak yuk acara Bincang Santai bareng mbak Ria.. 



Hallo, Mbak Ria, apa kabarnya? Waaahhh, lagi sibuk apa nih sekarang?

Alhamdulillah, baik. Sibuk dengan aktivitas sehari-hari. :D

Ehm, Mbak Ria, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan, mbak? Ehm, Mbak Ria, kalau boleh tau nih, hobi menulis itu sejak kapan sih? Ceritain dong, Mbak Ria, awal mula naskahnya diterbitkan sama penerbit itu gimana sih?

Sejak tahun 2007. Naskah pertama saya terbit tahun 2009. Draftnya saya tulis tahun 2008 dan makan waktu kira-kira setahun. Karena belum banyak jam terbang, naskah itu sempat stuck lama sampe hal.20 saja. Nggak move on-move on. Barulah sekitar September 2008 saya dapet “hidayah” dan inspirasi untuk menyelesaikannya. Dalam proses penulisannya saya dibantu sama kakak saya. Jadinya nama kakak saya ikut nongol pada covernya saat sudah terbit. Oh ya. Naskah ini saya kirim ke penerbit Indiva pada bulan Mei 2009, di-acc 3 bulan kemudian dan terbit pada bulan Desember 2009. Judulnya waktu itu Tarapuccino. Tahun 2013 dicetak ulang dengan judul A Cup of Tarapuccino dan ganti cover.

Kalau boleh tau nih, ada alasan khusus nggak, Mbak Ria memilih judul dari setiap karya Mbak Ria dalam bahasa Indonesia atau Inggris? Kemudian bisa diceritain nggak, kenapa Mbak Ria memilih genre tersebut di setiap karya Mbak Ria?

Nggak ada alasan khusus. Biasanya penerbit minta opsi mulai dari satu sampai beberapa judul lalu saya sampaikan. Dari opsi tersebut nanti dipilih penerbit mana yang bagus. Terkadang judul juga langsung dibuat oleh penerbit. Untuk genre romance, awalnya dari mengikuti lomba novel bergenre romance, kemudian penerbit yang bersangkutan pesan lagi ke saya novel dengan genre yang sama. Khusus untuk penerbit Indiva, saya menulis novel yang ada unsur Islami-nya, karena disesuaikan dengan segmentasi penerbitnya.

Adakah cerita di balik penulisan setiap karya Mbak Ria tersebut? Ada tantangan/kesulitan tersendiri nggak? Kalau ada, di karya apa, bab berapa?

Ada, setiap buku punya cerita dibalik layarnya masing-masing. Begitu pula tantangan / kesulitannya. Setiap buku berbeda-beda. Kalo semuanya diceritain di sini, panjangnya bisa hampir 1 novel, hehe.

Hanya kalau boleh menyebut beberapa contoh, saat menulis novel A Miracle of Touch (GPU ; 2012) untuk lomba novel Amore waktu itu, saya sedang ngalamin mata bengkak, sementara dateline lomba tinggal 2 bulan. Akhirnya saya menulis selama 1,5 bulan full nyaris tanpa melihat layar laptop, tapi hanya melihat di keyboard. Alhamdulillah naskah ini meraih Pemenang Berbakat pada even tersebut.

Saat menulis novel duet Rahasia Pelangi (Gagasmedia ; 2015), ada kurleb 104 catatan revisi dari editor yang harus kami perbaiki.

Saat menulis novel duet Gerbang Trinil (Mokamedia ; 2014), saya dan rekan duet saya harus memangkas kurleb 19rb kata atas request editor agar ceritanya efektif.

Kesimpulannya, dibalik semua hasil yang tampak, pasti ada kerja keras dan pengorbanan.
Cerita / Novel yang manakah yang favorit atau difavoritin sama Mbak Ria? Apa alasannya?

semuanya saya suka, karena dalam setiap novel, saya pasti melibatkan segenap emosi dan perasaan. *ciee*, tetapi, kalau harus memilih, favorit saya : 1. novel Tarapuccino (karena ini novel pertama yang berhasil nembus penerbit), 2. Novel Yang Kedua (karena ini novel yang cukup menguras emosi saat menulisnya dan so far, masih novel saya yang paling laris, hehe).
Apakah setiap kali Mbak Ria menulis cerita selalu disertai dengan riset? Biasanya membutuhkan waktu berapa lama?

Ya. Tergantung tingkat kesulitannya dan seberapa familier saya dengan tema yang diangkat. Semakin jauh “jarak” antara saya dengan tema yang saya tulis, risetnya juga akan lebih lama. Contohnya untuk novel Jasmine (pemenang 2 Novel Inspiratif Indiva 2010), saya butuh waktu 1 bulan untuk risetnya. Untuk novel lain rata-rata dalam hitungan hari s/d minggu.
Ada rencana nggak dalam waktu dekat ini akan ada karya Mbak Ria yang terbit lagi? Kasih bocorannya donggg. Atau ada rencana lain di dalam karir kepenulisan Mbak Ria?

Insya Allah bulan April ini ada yang mau terbit. Ini adalah novel pemenang harapan pada Lomba Menulis Novel Indiva 2014. Berlatar tragedi Priok dan bercerita tentang lika-liku kehidupan penulis.

Apakah Mbak Ria ingin mencoba sesuatu yang baru selain genre romance?

Sejauh ini, selain romance saya sudah mencoba beragam genre seperti islami, fantasi, semi-thriller. Saya ingin sekali mencoba genre metropop yang lincah-lincah itu dan juga genre sastra.
Mungkin, buat yang belum tau mengenai karya Mbak Ria, bisa diceritain sedikit mbak, mengenai karya-karya Mbak Ria?

Sejak 2009, saya sudah menerbitkan 15 novel dan 4 buku nonfiksi baik solo maupun duet serta beberapa antologi. Untuk judul-judul lengkapnya dan prestasi yang pernah saya raih di bidang kepenulisan bisa dilihat di sini : http://www.riawanielyta.com/search/label/tentang%20saya.

Untuk cerita Mbak Ria yang mungkin masih tersimpan rapi di laptop, apakah ada rencana akan dilanjutkan kemudian dibukukan?

Ada. Saat ini saya juga masih melanjutkan draft novel saya meski belum bisa konsisten menulis setiap hari.
Menurut Mbak Ria sendiri, blogger buku itu penting nggak sih, dalam karir kepenulisan Mbak Ria saat ini?

Penting banget, karena blogger buku adalah mitra penting penulis untuk mempromosikan bukunya sekaligus mendorong minat baca masyarakat.

Yang terakhir ya, Mbak Ria. Ada pesan nggak untuk para pembaca setia karya Mbak Ria? Dan juga untuk para blogger buku?

untuk para pembaca setia saya, semoga masih betah membeli dan membaca karya-karya saya ya. Silakan sampaikan kritik dan masukan untuk perbaikan karya-karya saya ke depan.
Untuk para blogger buku, tetaplah pertahankan hobi membaca dan meresensi dengan baik. Semoga dapat terus menjadi mitra terbaik kami para penulis, karena para book-blogger termasuk ujung tombak promosi buku sekaligus mendorong minat baca masyarakat melalui media online. Kalianlah yang membuat dunia perbukuan ini jadi lebih bergairah dan memompa keyakinan kami para penulis, bahwa mereka yang mencintai dan menikmati buku dengan sepenuh hati itu.....ada.

***
Gimana bincang santai Peek A Book bareng mbak Ria? Asyik kan? Seru banget kan? Jadi, tambah bikin nggak sabar menanti karya selanjutnya, lagi dan lagi. Kira-kira apakah karya selanjutnya sesuai dengan apa yang mbak Ria cita-citakan? Hmm.. Kita tunggu saja tanggal mainnya.  
Makasih banyak, mbak Ria, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk berbincang-bincang santai sama Peek A Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab yaa, mbak *akrab, catet*. Hi.. hi.. hi..
Untuk karya dari Riawani Elyta yang sudah terbit adalah :
 17898654  17620636  18713624  23111279  17839994  17905436  7948964  18041406  13452083  19386967  13644371  24924613  18171443  15084089  25778403  25869797  30179974  13617462  13616145  12815542  29215927  26867707  19476492  20736081  22735782
Asyikkk, kelar sudah bincang santai Peek A Book bersama dengan Ria. Diantara karya-karya Ria di atas, manakah yang sudah kalian baca? Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog Peek A Book.
***
Bincang santai ini menjadi pilihan dari Peek A Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Semoga dengan adanya postingan ini, semakin menambah pertemanan di antara para blogger dan penulis yaaa..
***
 
Tentang Riawani :
Seorang istri, ibu dari dua putra dan seorang putri, wanita karir, dan penulis.

Sedang menyederhanakan mimpi untuk bisa terus menulis di sela padatnya aktivitas dan menjadi sahabat terbaik untuk putra-putrinya. 
Kamu bisa menemukan kesehariannya di Twitter | Facebook | Blog
 

No comments:

Post a Comment

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...