Home         Who Am I         Corner         Rate Card         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

19 February 2016

Book Review | Marriage of Convenience - Shanti

http://d.gr-assets.com/books/1437550625l/25955790.jpg Judul Buku : Marriage of Convenience  
Penulis : Shanti
Penerbit : Elex Media Komputindo
ISBN : 9786020269092

And the synopsis..

-Krishna- Aku menatap lembaran kertas di tanganku, berusaha keras memahami isinya. Oh bukan, aku paham betul apa isinya. Lebih tepatnya sih, berusaha keras untuk menerima isinya. Kenyataan pahit. Bahwa aku, Krishna Satya Sangkala, tidak akan pernah merasakan indahnya menjadi seorang ayah.

-Dita-
Aku menatap rintik hujan yang semakin menderas. Tidak berniat sedikit pun untuk beranjak dari bangku taman yang kududuki sejak 3 jam yang lalu. Berharap butiran hujan bisa membantuku menghapus rasa sakit itu. Di sini, di dadaku. Dan di sini. Aku meraba perutku perlahan. Yah, Nak. Sekarang hanya tinggal kita berdua. Kenyataan pahit. Bahwa aku, Anindita Sahaja, akan menjadi single mother


Here we go.. 

Kamu tidak perlu minta maaf karena berusaha mempertahankan apa yang sudah menjadi hakmu. Kebebasan untuk menentukan masa depanmu sendiri

Kisah ini dimulai dengan pertemuan kembali Dita dan Khrisna di Taman Untung Suropati. Tak ada yang menyangka jika dunia mereka begitu teramat sempit. Khrisna yang merupakan kakak dari Arimbi adalah teman baik Dita semasa SMA. Sedangkan Dita kini bersahabat dekat dengan Arimbi. Small world, huh? Pertemuan kembali yang akhirnya membawa mereka pada satu perjanjian "Simbiosis Mutualisme", tentunya setelah masing-masing mengetahui permasalahan hidupnya. Dita yang hamil tanpa seorang suami, dan Khrisna yang hampir 99% susah mendapatkan keturunan. Kebohongan pertama mereka adalah kepada keluarga mereka, dan that's very hard.

Lo harus tahu, di saat paling lemah, you can count on me. Like one two three

Pernikaha mereka awalnya adem ayem, biasa aja, santai banget kayak di pantai, layaknya pasangan pengantin baru. Terlebih lagi mereka sudah saling mengenal dan bersahabat lama. Bedanya, Dita menyimpan trauma yang cukup dalam jika sudah berhubungan dengan hubungan fisik antara laki-laki dan perempuan. Dan itu semua karena Adit, yang sudah membuat dia seperti ini. Berbeda dengan Khrisna yang benar-benar sabar dan sangat perhatian, menunggu hingga Dita siap. Tipe suami idaman bangettt. Yang tak pernah Dita tau adalah perasaan Khrisna yang benar-benar mencintainya. Alasan simbiosis mutualisme hanyalah sebuah alasan demi cintanya pada Dita.

Satu di antara sedikit lelaki yang aku yakin akan menjadi ayah yang hebat kelak. He has a father material running in his blood vein

Hingga akhirnya kebahagiaan mereka terguncang oleh kehadiran masa lalu Khrisna, Sashi. Sashi yang terkejut mendapati Khrisna sudah menikah dan akan memiliki seorang anak, merasakan sakit yang teramat dalam. Senyuman di wajah Dita hilang seketika. Khrisna tak pernah sadar jika Dita memiliki sedikit rasa ketertarikan kepadanya. Tak pernah diungkapkannya. Gengsi masih berada di atas angin. 

Katanya, semua keluarga ada di sini, dan selagi masih ada waktu, harusnya keluarga itu bersatu

Setelah kisah dengan Sashi selesai, konflik sebenarnya terjadi. Pertemuan Dita kembali dengan Adit. Ow.. ow.. konflik yang membuat jantung hampir berhenti berdetak. Khrisna yang hampir kehilangan Dita, benar-benar berusaha kuat dan tegar di hadapan semua orang. Sehancur dan seremuk apapun hatinya.

Kebahagiaan itu, kita yang ciptakan, Bim

Membaca kisah ini benar-benar harus berani bertahan untuk tidak beranjak sedikit pun. Ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti, kisah ini mengalir apa adanya. Typo ada, tapi masih dalam batas wajar. Novel ini benar-benar menghibur. Peek A Book bisa tersenyum membaca interaksi antara Khrisna dan Dita. Chemistrynya dapat bangetttt. Cool man! Panggilan kesayangan yang dulu diberikan Khrisna pada Dita semasa SMA pun masih melekat hingga mereka menikah dan itu manissss banget *gula kali maniss*. Terlebih dengan Mama Khrisna yang menyangka jika Khrisna memiliki hubungan dengan Bima. Demi Tuhan, itu Mama benar-benar kocak banget.

Persahabatan antara Khrisna dan Bima pun benar-benar dapat banget chemistrynya. Nggak pernah menyangka persahabatan itu bisa awet hingga rahasia terdalam masing-masing pun sama-sama saling mengetahui dan tersimpan rapat. Bima yang marah ketika tau keadaan Dita sebenarnya hingga ingin menghajar, membuat hati 'nyesss' bangettt. Bentuk perhatian, perlindungan dari seorang sahabat, kakak laki-laki kepada sahabat perempuannya.

Dan sekarang, setelah saya tahu, dia menikah denganmu, perempuan yang selalu dia cintai, what can I do then? If I really love him, I'll pray for his happiness.. for you, too..

Walaupun ringan,tapi kalau boleh jujur yaaa, konfliknya endingnya kurang nendang banget. Harusnya konfliknya dibikin nendang, lebih drama tapi nggak terkesan drama banget dan nggak bertele-tele. Untuk epilognya, kurang begit sreg dikit sih, adegannya terlalu cepat, dan membuat pembaca seperti kehilangan gregetnya. Bikin penasaran iya sih. Apalagi di epilog sempat disebutkan jika mereka berdua pergi honeymoon ke London, hanya itu saja, tanpa penjelasan tempat mana saja yang mereka kunjungi selain dokter. 

Untuk adegan paling favorit adalah saat di bandara. Hiyaaaa.. Bikin langsung bayangin kalau Khrisna itu Rangga alias Nicholas Saputra dan Dita itu Cinta alias Dian Sastrowardoyo. Padahal dalam bayanganku, Khrisna itu bukan Nicholas Saputra.. Ha.. ha. ha..

Intinya Mas, berjuang. Berjuang, berjuang terus. Jangan menyerah. Apalagi Masnya kan cinta tho, sama istrinya? Ya bilang cinta, Mas. Perempuan itu, hatinya ada di telinga. Apa-apa harus diomongkan.     

Overall, jika kalian suka dengan cerita romantis yang dibalut dengan komedi, kisah ini cocok sekali. Apalagi temanya pernikahan. Pasti suka dong yaaa.. 

19 comments:

  1. Aku juga suka banget sama adegan di bandara itu. Antara sedih sama pengen ngakak gegara si Ijah ngga hafal dialognya Cinta.
    Pasangan yang gemeshin yaa mereka berdua.

    Ahhh. aku mau baca lagi deh, rasanya ngga puas kalo baca lewat Ijak dong. Pengen punya bukunyaa yang real. *tsahh :D

    Aku setuju sama mba Asri, epilognya kurang panjang. Semisal ditambahin satu bab tambahan yang mereka lagi honeymoon plus 'usaha' punya momongan, pasti lebih ciamik(pengen liat lucunya mereka). Biar rasa penasaran makin terbayarkan. :D

    ReplyDelete
  2. Tertarik sama nopelnya setelah baca reviewnya, meskipun agak parno sih kalo kejadian di kehidupan nyata. Kasian sama si Ditha yang single mother. :(

    ReplyDelete
  3. Waahhh selain tentang cinta, buku ini rupanya juga mengangkat kisah persahabatan. Dan aku rasa, setelah membaca review di atas, kedua unsur cerita ini dimasukkan dengan porsi yang sama rata. Itu menurutku sih, soalnya di atas tadi kak Asri nulis kalau chemistry yang terjalin antara kisah cinta (Khrisna-Dita) dan persahabatan (Khrisna-Bima) sama-sama kuat dan dapet banget. Jadi pengin tahu lebih lanjut euy.
    Oh iya, meskipun aku belum membaca buku ini, saat mendengar nama Khrisna aku sudah punya gambaran, yaitu salah satu sahabatku. Soalnya namanya juga Khrisna, hehe. Orangnya tinggi, postur tubuhnya proporsional dan atlet voli. Mungkin ini akan membantu aku juga untuk membayangkan bagaimana sosok Khrisna saat membaca buku ini. Semoga saja bisa menang dan baca bukunya, hehe.
    Yang paling bikin pengin tahu banget juga adegan di bandara itu. Aku penasaran, biasanya (menurut beberapa buku yang aku baca sebelumnya), setiap adegan yang terjadi di Bandara pasti identik dengan perpisahan.
    Tapi apakah itu juga terjadi di buku ini? Kalau iya, sebenarnya semanis apa sih perpisahan itu sehingga jadi salah satu adegan fav kak Asri?
    Tapi kalau bukan tentang perpisahan, sepertinya aku harus mencari tahunya, hehe.
    Semoga berkesempatan lah yaa.. haha

    ReplyDelete
  4. Baru tau nih kalau novel ini ternyata berasal dari wattpad. Kira-kira masih ada nggak ya?aku kebetulan belum pernah baca, padahal penasaran banget. sekelumit aja deh biar gak kepikiran terus haha..
    Konflik hubungan Khrisna-Dita kayaknya berat banget, keduanya dihampiri lagi oleh seseorang di masa lalu mereka. Salut juga sama keteguhan hati Dita menjaga buah hatinya. Nggak jarang, mereka malah tertekan dan berusaha melenyapkan si kecil yang dianggap jadi sumber masalah. Semoga Khrisna dan Dita bisa hidup bersama dengan bahagia dan membesarkan anak dengan kasih sayang yang berlimpah.

    ReplyDelete
  5. Sukaaaaaaa
    Kayaknya belum nemu deh yang sejenis ini. Sepertinya kocak, sweet-asem. Entah kenapa kalau sudah membahas pernikahan kok yah dimataku selalu nampak bling-bling. Jangan-jangan ini efek usia 😱
    Tapi, sekilas kisahnya Khrisna dan Dita ini kayak yang 'elo wajib baca, langka!' berharap bisa dapat satu deh 😁

    ReplyDelete
  6. Penasarannnn 😱😤

    ReplyDelete
  7. Polemik di Marriage of Convenience ini cukup rumit. Aku gak bisa ngebayangin gimana akhirnya dua sejoli meredam ragam polemik ini. Kisah yang sangat menggugah, aku sangat terpikat untuk mencicipi titik akhir kisah ini. Semoga kesampaian ;D.

    ReplyDelete
  8. Menarik. Aku sudah sedikit sedikitpunya gambaran tentang kisah ini. Ya, dan menurutku cukup menarik untuk diikuti. Oke semoga punya kesempatan mencicipinya ya! Amiin :)

    ReplyDelete
  9. Sebuah pernikahan yang awalnya didasarkan simbiosis mutualisme..hemm..menarik
    apalagi dibalut komedi juga..romance-komedi. Ini mah harus dibaca bukunya :)

    ReplyDelete
  10. Aaa aku penasaran banget nih sama novelnya) : Anyway, ntah mengapa aku selalu tertarik dengan novel novel yang sebelumnya pernah di publish di wattpad. Aneh memang, aku juga tahu. Mungkun salah satunya karena aku penggemar wattpad ya? Haha!
    Oh iya, aku sangat penasaran dengan konflik antara Dita dan Khrisna Semoga bisa terjawab dengan membaca bukunya secara langsung! Amiin :)

    ReplyDelete
  11. Kyaaa... Pengin di peluk dan di baca ini novel...
    MANTAP..
    Masuk wishlist ku deh ini *yeeeyyy..
    Aku paling suka cerita2 di wattpad di bukukan :), krn cerita di wattpad gk kalah seru2 nya juga dgn novel bestseller yg di terbitkan

    ReplyDelete
  12. dulu sempat mau baca cerita yg ini setelah baca kisah Arimbi (lupa nama cowoknya), dan sampe sekarang belum terealisasikan. Kakak shanti ini juga salah satu penulis wattpad yg ceritanya aku sukai, cuma ya gitu setelah baca si Arimbi, ane berjelajah nyari bacaan genre fiksi remaja-komedi. Berharap ada kesempatan bisa baca novelnya Dita-Khrisna :')

    ReplyDelete
  13. Masya Allah... ini Le Mariage tho, Mbak. Aku maaauuu... mau banget Mbaaaaak... >_<

    Sebentar, aku jadi mikir nih. Berarti pasca Dita tahu kalau dia hamil di luar nikah itu dia langsung mau aja nikah sama Kris karena 'simbiosis mutualisme' tersebut?
    Setelah nikah, Kris ngaku/pura2 sama keluarganya kalau Dita langsung 'isi' alias lagi hamil anaknya Kris, gitu ya? Hmm boleh juga idenya.
    Kris nggak masalah kalau itu sebenarnya benih dari lelaki lain? Wah, he's such a superhubby!

    Sashi. Jadi inget karakter Sashi di novel NAPW deh. Sama sih nama (panggilan) nya, dan sama-sama cewek dari masa lalunya si lelaki. Eh, jangan bilang kalau itu Sashi yang sama kayak di NAPW hihihi. :p

    Quote yang terakhir itu aku suka! ;)))
    Ck, wanita. Hatinya memang ada di telinga, harus serba dibilang terus terang. Wanita kebanyakan lebih gampang baperannya. Kalau nggak serba dibilang, nanti malah salah rasa dan salah paham. *nyinyirin diri sendiri* XD

    ReplyDelete
  14. Wiihh, kalau dari resensi di atas cerita Marriage of Convenience ini seperti sinetron, tapi lebih berbobot ya :D
    Konflik-konfliknya berat jadi penasaran gimana penulis mengeksekusinya ...

    ReplyDelete
  15. Aku termasuk pembaca yang sangat suka dengan tema pernikahan, sehingga saat Elex Media menerbitkan buku dengan lini Le Mariage, aku sudah memasukkannya dalam wishlist bacaanku.

    Aku sudah membaca 3 buku Le Mariage sebelumnya, yaitu Wedding Rush Not A Perfect Wedding dan Jodoh Untuk Naina dan aku suka dengan ceritanya, sehingga saat melihat buku ini dan membaca sinopsisnya, aku pun tertarik untuk membacanya.. ^_^

    ReplyDelete
  16. Dan sekarang, setelah saya tahu, dia menikah denganmu, perempuan yang selalu dia cintai, what can I do then? If I really love him, I'll pray for his happiness.. for you, too..

    Kyaaa baper nih .langsung masukin wishlist .

    ReplyDelete
  17. Huwaaa... Makin penasaran sama ceritanya ><
    Paling penasaran mah, pas si Adit itu kembali ke kehiupan Dita. Kira-kira, kayak mana ya hati Krishna waktu tentang itu... :D

    ReplyDelete
  18. Banyak ya Le Marriage yng dari wattpad. Dan aku suka banget sama karakter yang manis yang banyak bertebaran di wattpad. Penasaran dengan kisah Krishna ini 😍

    ReplyDelete
  19. Suka tema kaya gini :D
    Penasaran, masih bisa mampir di lapak Orange kah?
    Ah Kris pasti baper, sandiwara didepan orang2 yg kita sayangi itu capek *Tendang Adit.

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...