Home         Who Am I         Corner         Rate Card         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

15 February 2016

Pagi bersama Asri Tahir


Baca juga yaa.. (Book Review | Over the Rain - Asri Tahir)

Holaa..

Yeayyyy.. Hari ini spesial pake telor bangetttt.. Karena Peek A Book berkesempatan untuk berbincang-bincang santai bareng kembaran beda orang tua.. Dia adalah.. *jreng jreng jreng*, Asri Tahir. Udah ada yang kenal kan yaaa, siapa itu Asri Tahir? Belum? Haduhhh.. Oke, mungkin buat yang belum kenal, dengan bincang santai ini bisa sedikit mengenal mbak Asri Tahir. Buat yang udah kenal, akan lebih mengenal dan jatuh cinta dengan karya-karyanya.. Ho.. ho.. ho..

Oke, simak yuk acara Bincang Santai bareng mbak Asri Tahir.

Hallo, mbak Asri, apa kabar? waahh, lagi sibuk apa nih sekarang, mbak? 

Alhamdulillah kabar baik. Sekarang lagi sibuk ngurusin PO TCOM  (Anak pertama yang dapet nomor urut ketiga lahirnya :D)

Alhamdulillah.. Waa.. lagi sibuk banget nihhh, anak ketiga udah mau lahir.. Hehe.. Ehm, mbak Asri, kalau boleh tau suka menulis sejak kapan sih? Terus awalnya gimana sih, mbak, karya mbak diterbitin oleh penerbit Elex Media. 

Berawal dari hobi membaca sewaktu kecil, dan akhirnya pas SMA baru berani menulis tapi hanya untuk diri sendiri grin emoticon *dulu gak pede* dan pas sepuluh tahun kemudian, aku coba untuk menulis kembali. Hasilnya? Kacaaaauuu,hahaha. Ternyata harus belajar lagi dari awal.

Awalnya bisa diterbitkan di Elex? Panjang ini ceritanya,hehe. Mau dengerin? grin emoticon jadi waktu itu kebetulan Elex Media memang sedang mencari naskah bertemakan pernikahan, dan kebetulan lagi salah seorang penulis Elex, merekomendasikan naskahku kepada Mbak Afri (yang sekarang jadi editorku). Naskahku diminta oleh mereka tapi waktu itu belum diterima yaa... karena aku masih harus menunggu proses penyeleksian. Setelah hampir dua minggu baru deh dikabarin kalau NAPW diterima.

Panjang juga yaa, mbak, kisah karyanya bisa jadi buku. Kalau boleh tau nih, mbak, apakah ada alasan tersendiri dari mba asri untuk tiba2 memberikan judul di setiap karya mbak Asri itu dengan bahasa inggris? Apakah ada alasan khusus dari mba asri, di novel perdana, memberika  judul Not A Perfect Wedding? kemudian Over The Rain, dan yang terbaru The Chemistry of Marriage.  

 Kenapa selalu pakai judul dengan bahasa Inggris? hm, sebenarnya bukan nggak cinta sama Bahasa Indonesia ya... nggak ada alasan khusus, cuma ketika aku mencari judul kebetulan aja aku menemukan kata-kata yang pas untuk ceritaku dalam bahasa ingrris.

Hoo.. Jadi, karena memang kebetulan aja yaa.. Hmm.. I see.. Ada cerita apa nih, mbak, di setiap mbak menulis cerita2 mbak yang alway be best seller, ada tantangan/kesulitan tersendiri ndak, mbak? di cerita apa, bab berapa, mbak? 

 TCOM: aku nulis naskah ini penuh perjuangan banget, semua kesalahan sebagai penulis pernah aku lakukan di TCOM,hahaha. Jadi TCOM ini naskah bersejarah banget buat aku
NAPW: NAPW naskah paling cepat prosesnya. Dan, NAPW yang akhirnya bisa membawaku berjodoh dengan Elex Media.
OTR: dari tayang di Wattpad sampai sekarang, naskah ini masih menuai kontroversi, hahaha..

Mbak asri, apakah tiap kali menulis cerita selalu disertai riset?

Jawabnya iyaaa, kan nggak mungkin aku merekayasa fakta yang sudah ada di kehidupan nyata. Cerita yang aku tulis memang fiksi, tapi bukan berarti sesuatu yang bersifat pengetahuan bisa sesuka hati aku tulis tanpa dasar. 

Waa.. walaupun fiksi sekalipun harus tetap pakai riset yaa. Oke, fix, paham. Kira-kira nih, mbak, mbak Asri ada rencana nggak, mbak, untuk menulis cerita series gitu? Seperti yang sudah dilakukan oleh Abang Christian Simamora? Atau mungkin mbak ingin mencoba genre lain? komedi? horror? Atau tetap ingin di genre romance? Aw.. aw.. aw.. aku suka romance..hehe 

Menulis cerita series? Sempet kepikiran sih pengen bikin yang model begitu. Tapi sayangnya ideku masih loncat-loncatan,hahaha… mungkin nanti kalau sudah ada konsep yang jelas, aku akan coba menantang diriku sendiri untuk menulis series.

Untuk setiap novel yg mbak tulis, biasanya membutuhkan waktu brp lama, mbak? Bisa dijelasin nggak, mbak, kenapa mbak mengambil tema pernikahan di 3 novel mbak. Tak inginkah mencoba tema teenlit misalnya.
    
TCOM-NAPW-OTR, adalah ketiga novelku yang semuanya bertemakan pernikahan *laugh*. Aku cuma menulis apa yang mau aku tulis, itu aja sih alasannya. Dan menurutku konflik pernikahan itu lebih seru aja, karena menghubungkan dua orang yang sudah terikat resmi dalam sebuah ikatan hukum dan agama.

 Jadi mupeng pingin nikah nih, mbak. Pasti konfliknya sweet, spicy, hot gitu kan yaa? Oh ya, mbak, denger-denger TCOM diterbitkan secara self publish yaa, mbak, ada alasannyakah? Kenapa nggak berkeinginan diterbitkan secara mayor?
 
Kenapa TCOM terbit indie? TCOM naskah pertamaku setelah vakum sepuluh tahun menulis. Konfliknya teramat mainstream,hihii… Dan, niatku dari awal membubukan TCOM memang untuk kenang-kenangan aja. Jadi kupikir TCOM ini lebih baik terbit secara indie.

Aw.. so sweet banget, mbak. Nah, kira-kira nih, mbak, dDalam waktu dekat ini, apa rencana mbak Asri? Apakah sudah ada cerita baru lagi yang siap dibukukan? Waaa.. jadi bardep langsung buat ikutan PO bukunya. Nama sama, pasti ndak bakalan lupa kan, mbak?

Rencana terbit lagi? Semoga tahun ini bisa terbit lagi yaaa setelah TCOM… ditunggu aja kejutannya.  

 Jangan-jangan yang project bareng Jenny Thalia itu ya, mbak? Nggak sabar bakal sedahsyat apakah itu. He.. he.. he.. Menurut mbak Asri sendiri, blogger itu penting nggak sih, mbak, buat mbak sendiri? Blogger buku terutama. hehe.. 

Keberadaan blogger buku untukku sebagai penulis itu penting banget. Karena dari review teman-teman blogger, aku jadi tahu kekurangan dan kelebihan dari setiap cerita yang aku tulis.

Terima kasih, mbak, sudah mau menerima kritik saran dari para blogger buku ini. Oke, ang terakhir, mbak, adakah pesan untuk para pembaca setia novel romance, dan untuk para blogger buku, mbak?  

Untuk pembaca: terima kasihhhh sudah membaca tulisanku, semoga masih tetap menunggu karya2ku selanjutnya. Untuk blogger: Jangan bosen nge-review naskahku yaa 

Gimana bincang santai Peek A Book bareng mbak Asri Tahir? Asyik kan? Seru banget kan? Jadi, tambah bikin nggak sabar menanti karya selanjutnya, lagi dan lagi. Kira-kira temanya masih romancekah, pernikahankah atau berubah haluan menjadi komedi? Kita tunggu saja tanggal mainnya. Ehm, kalau bisa sih, namaku boleh kok dijadiin nama tokoh ceweknya. Hahaha.. *ngarep banget*


Makasih banyak, mbak Asri Tahir, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk berbincang-bincang santai di rumah Peek A Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan semoga kita tidak terpisahkan lagi ya, mbak *efek drama kembar yang terpisahkan* He.. he.. he..

Untuk novel dari mbak Asri Tahir yang sudah terbit adalah :

 http://d.gr-assets.com/books/1444361302l/27007349.jpg 
http://d.gr-assets.com/books/1425638743l/25058922.jpg

  






















Dan novel berikutnya yang akan terbit adalah :
 
http://d.gr-assets.com/books/1454340822l/28821775.jpg

Fiuh, asyikkk, kelar sudah bincang santai Peek A Book bersama dengan Asri Tahir. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog Peek A Book.

***
Bincang santai ini menjadi pilihan dari Peek A Book untuk ikut meramaikan event Posting Bareng BBI 2016 dengan tema #BBIValentinesDay *yeayyyy.. hip hip horray..*. Semoga ke depannya rubrik bincang santai ini bisa terus ada dan terjadwal di blog ini seperti guest post *kedip kedip cantik*.  
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhLCcNGdEIn4ZylqkjdHO9pYPNpq2JjaC3R8HFP7u_am6cUOgb5oDvyBXx7Rz061ybp5TVwQviX1lJGtc8ZMjxMsYqisNu7KqB8gDzGxD6KLuFEZmB_RKdVQDuSSdyn0rajGdi4h27xpS74/s1600/Banner+Posbar+2016.jpg

4 comments:

  1. Any comments about anything, except SPAM is welcome.

    Yasalam, fakir komentar banget ya ini mbak Asri ngoajahahahaha *dijorokin ke Gramedia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. sini, mas dion, kujorokkin ke gramedia terus ke TM terus ke shopping centre.. Biar puas nimbunnnn :p

      Delete
  2. wiiih ada nama Jenny penulis kondang disebut2 hihihi... BBI rules XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeayyy.. huum.. Ada Jenny penulis terkenal pake bangettttt.. *Bikin nggak PD kalau deket dia, tinggi bangettt untuk ukuran tubuhku yang mungil*

      Delete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...