Home         Who Am I         Corner         Rate Card         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

14 October 2016

Naik Pesawat ditemani Captain Azka bareng Cynthia





Holaaa... 

Setelah kemarin kita Bercerita Novel dengan Windry Ramadhina, and now it's time for Naik Pesawat ditemani Captain Azka bareng Cynthia.

Udah kenal belum nih sama Cynthia? Udah tau kan buku karya Cynthia? Yang belum kenalan, kenalan dulu yuk sama Cynthia. Buat yang udah kenal, akan lebih mengenal dan jatuh cinta dengan karya-karyanya.. Ho.. ho.. ho..

Oke, simak yuk acara Bincang Santai bareng Cynthia.. 
  
Hallo, Cynthia, apa kabarnya? Waaahhh, lagi sibuk apa nih sekarang?

Hai ... hai Asri ... Kabarku baik, cuma sedikit deg-degan menanti pertanyaan-pertanyan kamu. Kalau kamu bagaimana? Aku harap baik-baik aja ya.

Ehm, Cynthia, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan, mbak? Ehm, Cynthia, kalau boleh tau nih, hobi menulis itu sejak kapan sih?

Aku jawabnya panjang lebar ngga apa kan ya? Sekalian mau curhat, hihihi.
Hobi menulis? Aku mulai tertarik untuk menulis sejak kelas 3 SD. Berawal dari sebuah puisi untuk ibu aku. Jaman SD aku suka banget baca majalah bobo lihat cerpen, puisi, dan artikel-artikel menarik yang ada di dalamnya. Berawal dari itu, aku punya keinginan puisiku bisa dipublish di majalah tersebut. Cuma sampai sekarang belum pernah kesampaian hehehehe. Karena dulu waktu SD aku masih polos banget, nggak tahu bagaimana caranya ngirim naskah supaya bisa dipublish di majalah terbebut.

Hmm ...  kalau membahas awal mula naskah aku bisa diterbitin sama penerbit mayor di Indonesia, ceritanya panjang. Oke aku jelaskan dari awal, semoga kamu nggak bosen ya? *senyum manis sambil menghela napas* 

Semuanya berawal dari wattpad. Captain, I’m Yours yang dulunya berjudul Married With Captain adalah cerita pertama yang berhasil aku selesaikan sampai ending, dari sekian cerita yang pernah aku buat dan berakhir menggantung tidak pernah terselesaikan :D. Cerita ini berhasil aku selesaikan tepat tanggal 23 Desember dan baru berani aku kirim ke penerbit pada bulan Februari. Keberanian itu muncul ada ceritanya juga lho ... 

*sini aku bisikin* Semuanya karena Kak Asri Tahir. Hallo Kak Asri, maaf ya namanya aku sebut di sini tanpa minta izin sama kakak dulu. Aku tuh ngefans banget sama beliau, mulai dari Not A Perfect Weding sampai si sulung yang lahir ketiga, The Chemistry Of Marriage karyanya beliau, aku suka semua. Aku punya keinginan bisa jadi penulis seperti beliau. Pokoknya Kak Asri the best deh. Setiap tokoh lelaki yang ia ciptakan selalu berhasil buat aku jatuh cinta. 

Hehehe kembali ke topik awal. Aku kirim naskah ke penerbit Elex Media Komputindo pada tanggal 22 Februari 2016 berupa hard copy. Hampir 2 bulan aku nggak dapat kabar apapun dari pihak penerbit dan mulai dari itu semangatku langsung turun dan berpikir mungkin belum jodohnya naskah aku bisa naik cetak. 

Namun, pada suatu hari tepatnya pertengahan April ada seseorang ngeWA aku, dan beliau adalah salah satu editor Elex Media, namanya kak Afri. Beliau ngeWA aku menanyakan apakah ceritaku yang awalnya berjudul Captain, I’m Yours sudah pernah diterbitkan atau belum? Beliau bertanya seperti itu tanpa tahu kalau aku udah kirim naskah ke Elex Media. Kak Afri bilang dia tertarik sama naskah aku dan minta aku kirim ulang naskah berupa soft copy. Saat itu rasanya bukan main, seneng banget. 

10 hari  kemudian aku kembali dapat kabar dari Kak Afri kalau cerita aku diterima untuk diterbitkan. Yeyeye ... senengnya masih terasa sampai sekarang. Setelah naskah di acc lagi-lagi aku dituntut untuk bersabar menunggu antrian revisi yang baru dapat giliran pada akhir bulan Juni. Proses revisinya memakan waktu cukup lama, tepatnya berakhir pada akhir Juli. Sekian lama, berbulan-bulan mengarungi waktu akhirnya bulan September ini, Captain, I’m Yours bisa terbit. Yeay ... Semua itu tidak terlepas dari kekuatan doa, kesabaran, dan juga semangat untuk mencapai keinginan terbesar dalam diri aku.

Bisa diceritain nggak, mbak, kenapa Cynthia, memilih genre romance dalam setiap karya kamu? Tertarik untuk mengambil genre lain, mungkin?

Alasan aku memilih genre romance untuk cerita yang aku tulis, jawabannya sederhana. Yaitu karena aku penggemar romance. Aku sangat mencintai sebuah cerita yang berakhir bahagia. Dan kebanyakan cerita yang berakhir bahagia bisa aku temukan di cerita romance. Alasan lainnya karena aku juga memiliki keinginan yang sama dari semua tokoh fiksi cerita romance yang sama-sama ingin berakhir bahagia. Ya ... bahagia adalah cita-citaku. “Bahagia itu sepaket dengan tercapainya mimpi-mimpi saya, materi yang saya punya, orang-orang terdekat saya, dan seseorang yang saya cintai.”

Adakah cerita di balik penulisan semua karya Cynthia tersebut? Ada tantangan/kesulitan tersendiri nggak? Kalau ada, di cerita apa, bab berapa?

Cerita di balik Captain, I’m yours. 
Sengaja aku buat profesi Azka sebagai pilot di sana karena jujur, aku pengen banget punya suami seorang pilot. Di lain sisi, kenapa aku mengambil topik cerita perempuan yang hamil di luar nikah? Karena kebetulan di lingkungan sekitar aku banyak khasus seperti itu. Dan masyarakat awam selalu menyalahkan si perempuan dan berpikir bahwa mereka si perempuan yang hamil di luar nikah adalah perempuan yang kurang baik *nakal*. Padahal sebenarnya tidak semua perempuan yang hamil di luar nikah adalah perempuan yang nakal. Khasusnya berbeda-beda bukan? Entah kenapa aku tertarik menulis cerita dengan topik seperti itu dan ingin menghilangkan pemikiran bahwa tidak semuanya perempuan yang hamil di luar nikah itu adalah perempuan nakal. Tantangan terberatnya dalam cerita ini adalah ketika menjabarkan tentang pekerjaan Azka yang berprofesi sebagai pilot.

 Cynthia, apakah setiap kali Cynthia menulis cerita selalu disertai dengan riset? Biasanya waktu yang dibutuhkan itu berapa lama?

Ya ... aku sering melakukan riset saat menulis cerita karena itu sangat diperlukan. Untuk waktu risetnya tidak menentu. Tapi yang jelas riset selesai dilakukan ketika seluruh informasi yang diperlukan untuk membuat cerita dirasa cukup.

Ada rencana nggak, Cynthia, setelah Captain, I'm Yours,  akan ada karya terbaru Cynthia yang akan terbit dalam waktu dekat ini? Atau ada rencana lain di dalam karir kepenulisan Cynthia?

Setelah Captain, I’m Yours aku berniat ingin kembali mengirimkan naskah aku yang berjudul Everlasting Love, sama seperti Captain, I’m Yours yang juga dipublish pertama kali di wattpad. Everlasting Love menceritakan tentang seorang lelaki sempurna, sejati, dan gagah berani yang tanpa kenal lelah memperjuangkan seorang gadis yang menderita gangguan jiwa. Aku berharap besar pada akhirnya cerita ini dapat diterbitkan dan bisa menginspirasi mereka yang membacanya, bahwa mencintai tidak selalu kepada orang yang sempurna.

Mungkin, buat yang belum tau mengenai karya Cynthia, bisa diceritain sedikit, mengenai karya-karya kamu secara singkat?

Captain, I’m Yours bercerita tentang kehidupan rumah tangga sepasang manusia yang awalnya tidak saling mengenal satu sama lain. Mereka menikah bukan karena saling mencintai, melainkan menikah untuk mempertanggung jawabkan janin yang ada di rahim si wanita, ialah Reya. Reya pikir dengan menikah dengan lelaki yang telah menghamilinya maka permasalahannya selesai, namun ia salah. Justru pernikahannya dengan Azka adalah awal dari semua kesakitan yang perlahan mulai mendatanginya. Ia membenci Azka karena baginya, Azka adalah penyebab dari semua kesakitannya. Azka yang telah menghancurkan cita-citanya, mimpi-mimpi indahnya, apakah ia bisa mempercayakan hatinya untuk lelaki itu meskipun lelaki itu sudah berusaha mati-matian untuk menebus semua kesalahannya? Reya sangat ingin melakukan hal itu, namun ia sadar banyak orang yang akan tersakiti jika pada akhirnya ia berani mempercayakan hatinya untuk Azka. Salah satu orang yang tersakiti adalah Adrian, kekasihnya.

Menurut Cynthia sendiri, blogger buku itu penting nggak sih, dalam karir kepenulisan Cynthia saat ini?

Menurut aku blogger buku itu sangat penting. Terutama untuk memudahkan para calon pembeli untuk mengetahui kualitas sebuah cerita berdasarkan review yang dijelaskan pada blogger tersebut. Selain memudahkan para calon pembeli, blogger buku juga memudahkan dan sangat membantu para penulis yang ingin mempromosikan ceritanya agar dapat dikenal oleh banyak orang.

Yang terakhir ya, Cynthia. Ada pesan nggak untuk para pembaca setia novel Cynthia? Dan juga untuk para blogger buku?

Pesan aku untuk semua pembaca ... apapun buku yang kamu baca meskipun kamu tidak menyukainya setidaknya hargailah jalan ceritanya. Karena kenyataannya menulis sebuah buku tidak semudah membaca. Ambillah sisi baik yang kamu anggap benar dan abaikan sisi buruk yang bisa merugikan kamu. Terkadang mungkin kamu merasa kecewa karena cerita yang kamu baca tidak sesuai harapan kamu tapi hargailah, karena tidak semua penulis melahirkan buku berdasarkan satu pemikiran yang sama, seperti yang kamu inginkan misalnya. Untuk para blogger buku, ayo yang semangat nulisnya. Jasa kalian sangat diperlukan bagi mereka yang membutuhkan masukan untuk cerita yang ingin mereka beli, dan dibutuhkan para penulis untuk mempromosikan karya-karya mereka. SEMANGAT!!!

***
Gimana bincang santai Peek A Book bareng Cynthia? Asyik kan? Seru banget kan? Jadi, tambah bikin nggak sabar menanti karya selanjutnya, lagi dan lagi. Kira-kira apakah karya selanjutnya sesuai dengan apa yang Cynthia cita-citakan? Hmm.. Kita tunggu saja tanggal mainnya.  

Makasih banyak, Cynthia, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk berbincang-bincang santai sama Peek A Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab yaa, Cyn *akrab, catet*. Hi.. hi.. hi..

Untuk karya dari Cynthia yang sudah terbit adalah :

  
Asyikkk, kelar sudah bincang santai Peek A Book bersama dengan Cynthia. Sudah punya karya Cynthia di atas? Belum? Yuk, buruan koleksi karya-karya Cynthia tersebut dan jangan lupa buat berkunjung ke akun wattpadnya yaaa. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog Peek A Book.
***
Bincang santai ini menjadi pilihan dari Peek A Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Semoga dengan adanya postingan ini, semakin menambah pertemanan di antara para blogger dan penulis yaaa..
***
Tentang Cynthia :


Putu  Ayu  Cynthia Dewantari, itulah nama lengkapnya. Gadis Bali kelahiran 29 Mei
1999, yang sangat menyukai bunga matahari. Memiliki hobi membaca dan menulis sejak duduk di bangku sekolah dasar. Melalui Wattpad, tulisannya mulai di kenal banyak orang dengan nama pena aurora_tan. Captain, I’m Yours ini adalah cerita pertama yang mampu diselesaikannya sampai ending, di antara sekian cerita yang dibuat dan berakhir menggantung tidak pernah terselesaikan.
Gadis yang duduk di bangku kelas 3 SMA ini, mempunyai cita-cita yaitu bahagia. “Bahagia itu sepaket dengan tercapainya mimpi-mimpi saya, materi yang saya punya, orang-orang terdekat saya dan seseorang yang saya cintai.” Melalui khayalan yang  dirangkai dalam sebuah cerita ini, besar harapannya bisa menghibur dan menginspirasi orang-orang yang membacanya.

Kamu bisa menemukan kesehariannya di Wattpad | Twitter | Instagram

2 comments:

  1. Jadi penasaran sama novelnya kak. Hehe

    ReplyDelete
  2. aku jadi kepengen baca, seru dan romen kayaknya

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...