Home         Who Am I         Corner         Rate Card         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

15 August 2016

Ngopi Cantik sambil Mager bareng Alnira




Baca juga yaa.. (Nge-Galauin Cogan bareng Nima)
Holaaa... 
Setelah kemarin kita Nge-Galauin Cogan bareng Nima, and now it's time for Ngopi Cantik sambil Mager bareng Alnira .
  
Udah kenal belum nih sama mbak Alnira? Udah tau kan buku karya mbak Alnira? Yang belum kenalan, kenalan dulu yuk sama mbak Alnira. Buat yang udah kenal, akan lebih mengenal dan jatuh cinta dengan karya-karyanya.. Ho.. ho.. ho..
Oke, simak yuk acara Bincang Santai bareng mbak Alnira.. 

 

Hallo, mbak Alnira, apa kabarnya? Waaahhh, lagi sibuk apa nih sekarang, mbak?

Hai Asri. Kabar baik, Alhamdulillah. Kesibukan masih seperti biasa, sibuk mencari uang untuk sesuap nasi dan selembar tiket ke Korea. Hahaha. *Kedip-kedip gaya Hara*

Ehm, mbak Alnira, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan, mbak? Ehm,mbak Alnira, kalau boleh tau nih, hobi menulis itu sejak kapan sih, mbak?

Hobi nulis ya, Ehm mungkin sejak SD. Dari kecil aku memang udah dicekokin oleh keluargaku dengan buku, sering didongengin sama Kakakku atau Ayah. Yah bukan dongeng juga sih, karena yang diceritain itu kisah Nabi-nabi. Nah pas aku udah bisa baca, Ayah beliin buku-buku. aku jadi hobi banget baca, ternyata hobi baca buat aku pengen nulis cerita sendiri. Waktu SD sekitar kelas tiga atau empat kalau nggak salah, ada pelajaran mengarang. Dan itu langsung jadi pelajaran favoritku. Lanjut dengan nulis diary juga dulu, kan buku diary yang dijual di toko buku lucu-lucu tuh, aku suka belinya, mulai deh nulis-nulis kegiatan sehari-hari di sana. Terus bikin puisi juga. Dan tekad aku untuk jadi penulis semakin besar setelah namatin Harry Potter. Aku pengen bisa kayak J.K Rowling hihihi.

Bisa diceritain nggak, mbak, kenapa mbak Alnira, memilih genre romance dalam setiap karya mbak? Tertarik untuk mengambil genre lain, mbak, mungkin?

Kenapa romance? Karena Hidup tanpa cinta rasanya nggak berwarna, hihihi. Tapi sebenernya aku nulis berdasarkan apa yang ingin aku baca, jadi karena aku suka baca novel romance jadi aku buat genre itu. Lagian bikin cerita romance itu lebih mudah, karena banyak orang yang mengalaminya jadi infonya lebih banyak, pengalaman sendiri juga bisa jadi bahan referensi. Hahahaha.

Untuk genre lain ya, ehm.. aku pengen banget nulis genre Romance-Fantasy. Tapi belum kesampean, daya khayalku belum ngena ke sana kayaknya hihihi. Dan satu lagi aku pengen nulis cerita Religi. Tapi masih harus banyak belajar sih.

Adakah cerita di balik penulisan semua karya mbak Alnira tersebut? Ada tantangan/kesulitan tersendiri nggak, mbak? Kalau ada, di cerita apa, bab berapa, mbak?

Hihihi ada cerita lucu sekaligus miris sih dibalik penulisan Nerdy Girl. Jadi ceritanya semua temen kantor dan temen-temen yang lain juga keluargaku itu tau banget segila apa aku sama Korea. Pokoknya aku tuh ngasih virus-virus drama korea juga virus boyband ke temen-temen sampe aku di kantor itu dijuluki Istrinya Yesung (personil Super Junior yang punya suara paling kece). Tapi sekarang udah berkurang, sadar umur sih sebenernya hahaha. Jadi pas buat cerita ini aku tuh banyak ngambil dari gambaran diri aku pribadi, bagian gila koreanya aja sih. Terus pas aku tunjukin Nerdy Girl ke temen-temen, mereka baca blurb Nerdy Girl dan mereka langsung nebak kalau itu kisahnya aku. Seratus persen Hara itu adalah aku, dan mereka nggak mau baca, katanya takut ketularan gila korea. Emang pada sarap sih temen-temenku tuh hahhaha.

Kalau tantangan dalam menulis Nerdy Girl sendiri nggak ada ya kayaknya, karena cerita ini nggak berat juga. Kisahnya kehidupan sehari-hari jadi mudah sih gambarinnya. Mungkin novel lain kayak Dilanika (Move On) yang sulit. Aku harus baca berita kriminal dan juga hukum-hukum di Indonesia supaya nggak bertentangan dengan realita.

Mbak Alnira, apakah setiap kali mbak Alnira menulis cerita selalu disertai dengan riset? Biasanya waktu yang dibutuhkan itu berapa lama, mbak?

Riset pasti. Apalagi di dunia yang nggak pernah aku tau sebelumnya, contoh waktu bikin Dilanika, aku harus riset tentang kehidupan Polisi, di saat aku sendiri nggak pernah tau gimana kehidupan mereka. Aku harus tanya temenku yang kebetulan ada yang berprofesi sebagai Polisi, nanya mbah google juga pastinya, pokoknya semenjak nulis semua orang aku wawancara hahaha. Risetnya sih nggak lama ya, paling sehari dua harilah. Tapi kalau cerita Nerdy dan Soulmate sih nggak banyak riset ya karena itu kerjaan aku, kayak Edgar di soulmate misalnya, dia yang kerja di Bank itu nggak terlalu sulit gambarinnya, karena setiap hari aku juga berkutat dalam kegiatan kayak dia, walau jabatannya beda hihihi.

Ada rencana nggak, mbak Alnira, setelah Nerdy Girl, akan ada karya terbaru mbak Alnira yang akan terbit dalam waktu dekat ini? Atau ada rencana lain di dalam karir kepenulisan mbak Alnira?

Hihihi setelah Nerdy ada Soulmate yang lagi proses cetak. Cerita tentang Kakaknya Aihara. Bagi yang telat ikutan PO nanti bisa beli langsung di web Diandra Kreative hihihi aku numpang promo, maafkan diriku ya Asri.

Rencana lain, sejauh ini lagi namatin cerita yang masih on going sih di wattpad. Tapi ada beberapa rencana yang masih rahasia hihihi.

Mungkin, buat yang belum tau mengenai karya mbak Alnira, bisa diceritain sedikit mbak, mengenai karya-karya mbak secara singkat?
  
Aku punya beberapa buku yang sudah ada dalam bentuk cetak dan diterbitkan dengan cara Selfpublishing. Ada Dilanika, Nerdy Girl dan Soulmate. Kalau temen-temen di blog-nya Asri ini ada yang suka dengan genre Romance dengan tambahan action juga suka sama tipe-tipe cowok dingin bin beku model Dilan, terus juga pengen baca kehidupan polisi itu kayak apa, bisa baca bukuku yang Dilanika. Untuk dua buku lainnya, Nerdy Girl dan Soulmate buat temen-temen yang nyari cerita Romance-comedy, ceritanya nggak berat, bikin ngakak, tentang kehidupan sehari-hari juga, buat yang kpopers ayo dibaca bukunya. Terus juga ceritanya nggak melulu tentang cinta antar pasangan sih, tapi juga tentang cinta ke keluarga, aku juga bagi tips-tips dalam bertransaksi di bank hihihi. Yuk di order bukunya, aduh aku promo lagi nih.
  
Menurut mbak Alnira sendiri, blogger buku itu penting nggak sih, mbak, dalam karir kepenulisan mbak Alnira saat ini?

Penting banget dong. Blogger itu salah satu yang bantu penulis dalam menyebarluaskan ceritanya. Bantu promo juga, bantu review pokoknya bagi aku blogger itu penting banget. Dan kalau dilihat dari sudut pandang pembaca, blogger itu juga sama pentingnya. Aku sering buka-buka blog untuk nyari novel-novel yang bagus buat dibeli. Dan baru sadar ternyata aku sering banget mampir ke peekthebook bahkan sebelum kenal sama si Princess ini hahaha. Thanks to Asri yang selama ini kasih aku review tentang buku-buku keren yang sedang beredar dipasaran hihihi.

Yang terakhir ya, mbak Alnira. Ada pesan nggak untuk para pembaca setia novel mbak Alnira? Dan juga untuk para blogger buku, mbak?
  
Pesan untuk pembaca, terima kasih untuk readers yang selalu memberi semangat untuk terus menulis, tanpa temen-temen semua mungkin ceritaku nggak akan pernah selesai dan hanya terongok di laptop. Aku tidak sempurna begitu juga dengan karyaku, banyak yang masih perlu dibenahi dan masih banyak juga yang perlu aku pelajari. Ambil sisi baiknya dan buang sisi buruknya dari setiap cerita yang aku publish.
  
Pesan untuk Blogger, Kalian itu berjasa sekali baik untuk penulis maupun pembaca. Selain memberi gambaran tentang sebuah buku kepada pembaca yang sedang galau memilih bahan bacaan. Juga menjadi tolak ukur bagi penulis untuk menilai karyanya. Karena blogger itu objektif, beda sama fans dan haters. Blogger itu kalau di pemerintahan kayak lembaga independen gitulah hihihi. Semangat untuk para Blogger. Aza!!! Aza!! Fighting!! *gaya-gaya han ji eun* huehehehehe.

***
Gimana bincang santai Peek A Book bareng mbak Alnira? Asyik kan? Seru banget kan? Jadi, tambah bikin nggak sabar menanti karya selanjutnya, lagi dan lagi. Kira-kira apakah karya selanjutnya sesuai dengan apa yang mbak Alnira cita-citakan? Hmm.. Kita tunggu saja tanggal mainnya.  
Makasih banyak, mbak Alnira, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk berbincang-bincang santai sama Peek A Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab yaa, mbak *akrab, catet*. Hi.. hi.. hi..
Untuk karya dari Alnira yang sudah terbit adalah :


   


Asyikkk, kelar sudah bincang santai Peek A Book bersama dengan Alnira. Sudah punya karya Alnira di atas? Belum? Yuk, buruan koleksi karya-karya Alnira tersebut. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog Peek A Book.
***
Bincang santai ini menjadi pilihan dari Peek A Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Semoga dengan adanya postingan ini, semakin menambah pertemanan di antara para blogger dan penulis yaaa..
***
Tentang Alnira :


Alnira adalah sebuah nama pena yang dibuat saat bergabung di wattpad awal 2014. Bernama Asli Nia Robi’ah Alawiyah, yang lahir 24 tahun yang lalu. Saat ini aktif bekerja sebagai karyawan di sebuah lembaga keuangan di Indonesia.

Sejauh ini sudah ada tiga karya yang dibukukan secara Selfpublishing melalui Tim Diandra Kreative, yaitu Dilanika (Move On), Nerdy Girl dan Soulmate.

No comments:

Post a Comment

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...