Home         Who Am I         Corner         Rate Card         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

6 April 2016

Bincang Santai | Bergravitasi bersama Mbak Rina Suryakusuma




 


Holaaa...

Setelah kemarin kita Kencan Cantik di Bridal sama Mbak Dy Lunaly, nah, sekarang kita Bergravitasi dulu yuk sama mbak Rina Suryakusuma.
 
Udah kenal belum sama mbak Rina Suryakusuma? Udah tau kan novel karya mbak Rina Suryakusuma? Oke, mungkin buat yang belum kenal, dengan bincang santai ini bisa sedikit mengenal mbak Rina Suryakusuma. Buat yang udah kenal, akan lebih mengenal dan jatuh cinta dengan karya-karyanya.. Ho.. ho.. ho..

Oke, simak yuk acara Bincang Santai bareng mbak
Rina Suryakusuma..

 

 Hallo, mbak Rina, apa kabarnya? Waaahhh, lagi sibuk apa nih sekarang, mbak?

 Selain sebagai penulis, saya juga bekerja penuh waktu di perusahaan property developer

 Ehm, mbak Rina, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan, mbak? Ehm, mbak Rina, kalau boleh tau nih, hobi menulis itu sejak kapan sih, mbak? Ceritain dong, mbak, awal mula naskahnya diterbitin sama penerbit mayor yaa, mbak?

Hobi nulis sudah sejak lama. Tapi nulis yang mulai berani dikirimkan pada penerbit, itu sekitar tahun 2007

Awalnya sih memberanikan diri mencetak naskah yang mulanya hanya mengendap di komputer, lalu dikirimkan pada penerbit. Pertama mengalami penolakan demi penolakan :p 

Akhirnya puji Tuhan naskah pertama saya, Lukisan Keempat, diterima oleh penerbit Gramedia dan terbit tahun 2010 di lini Amore

Kalau boleh tau nih, mbak, ada alasan khusus nggak, mbak, mbak Rina memilih judul dari setiap novel mbak Rina dalam bahasa Inggris?  Kemudian bisa diceritain nggak, mbak, kenapa mbak Rina, memilih genre romance dalam setiap karya mbak?

Hm, sebenarnya nggak selalu bahasa Inggris kok. Ada juga yang dalam bahasa Indonesia, contohnya, Lukisan Keempat

Pemilihan judul itu tergantung dengan feeling tepat nggaknya judul itu digunakan. Kadang ada yang lebih pas dalam bahasa Inggris, dan kadang lebih tepat dalam bahasa Indonesia
Kalau mengenai genre, kepengin juga mencoba genre lain. Mudah-mudahan suatu saat nanti
 
Adakah cerita di balik penulisan semua karya mbak Rina tersebut? Ada tantangan/kesulitan tersendiri nggak, mbak? Kalau ada, di cerita apa, bab berapa, mbak?

Setiap cerita selalu punya tantangan dan kesulitannya masing-masing. Ada yang berhasil saya selesaikan dan jadi naskah yang akhirnya diberkati terbit jadi buku. Ada yang tidak berhasil saya bereskan, dan jadi penghuni laptop saya saja, belum bisa saya selesaikan.
 
Mbak Rina, apakah setiap kali mbak Rina menulis cerita selalu disertai dengan riset? Biasanya berapa lama, mbak? Kalau untuk menulis cerita mbak Rina, yang sudah dibukukan, membutuhkan waktu berapa lama, mbak?

Tentunya dengan riset. Sekarang ini, biasanya saya menulis naskah kurang lebih 5 - 6 bulan.Ini untuk menulis draft awalnya saja. Dan waktu tersebut di luar riset maupun revisi dari editor.
 
Ada rencana nggak, mbak Rina, setelah Falling, akan ada karya terbaru mbak Rina yang akan terbit dalam waktu dekat ini? Atau ada rencana lain di dalam karir kepenulisan mbak Rina?

Karya terbaru saya, puji Tuhan, sudah terbit di pertengahan Februari ini. Lininya MetroPop dan judulnya Gravity. Nanti bisa dibaca dan dikoment ya :D *belum punya, dan masuk daftar Wishlist*

Mungkin, buat yang belum tau mengenai karya mbak Rina, bisa diceritain sedikit mbak, mengenai karya-karya mbak secara singkat?  
 
Naskah saya selama ini terbit di lini Amore dan MetroPop. Kalau dibilang genre romance, nggak salah juga.

Semoga untuk ke depannya, saya bisa bereksplorasi dan menulis untuk genre-genre lain ya... 

Menurut mbak Rina sendiri, blogger buku itu penting nggak sih, mbak, dalam karir kepenulisan mbak Rina saat ini?

Penting dong. Karena blogger buku membantu menyebarkan virus baca bagi teman-teman lain dan juga memberikan review-review jujur tentang buku-buku yang mereka baca.

Dan biasanya kalau para pembaca atau blogger cerita pada teman yang lain, jelas akan lebih dipercaya daripada kalau penulisnya sendiri mempromosikan karyanya hingga berbusa.

Dan psstt, saya sendiri biasanya juga terbiasa untuk mencari review sebuah buku yang menarik minat saya di toko buku. Biar nggak salah beli, dan punya gambaran kira-kira buku ini cerita tentang apa sih

Yang terakhir ya, mbak Rina. Ada pesan nggak untuk para pembaca setia novel mbak Rina? Dan juga untuk para blogger buku, mbak? 

Tetaplah membaca dan menularkan virus baca untuk semua teman-teman di Indonesia ya...
Karena tahukah kalian, bahkan ada quote sangat bagus yang bunyinya kira-kira begini : the girl who read, will become the woman who think
Jadi, yuk, baca! :)
***
Gimana bincang santai Peek A Book bareng mbak Rina? Asyik kan? Seru banget kan? Jadi, tambah bikin nggak sabar menanti karya selanjutnya, lagi dan lagi. Kira-kira temanya masih tetap romance atau akan berubah haluan menjadi apakah? Kita tunggu saja tanggal mainnya. 

Makasih banyak, mbak Rina, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk berbincang-bincang santai di rumah Peek A Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab yaa, mbak *akrab, catet*. Hi.. hi.. hi..
 Untuk novel dari mbak Rina yang sudah terbit adalah :
13098237 7841349 
 
8439765 11484032 
 
18755841 8622721  

25118916  20985520 
 
7860400  8439784 
 
8439780  28767589 
 
Asyikkk, kelar sudah bincang santai Peek A Book bersama dengan Rina Suryakusuma. Diantara novel karya Mbak Rina di atas, manakah yang sudah kalian baca? Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog Peek A Book.
***
Bincang santai ini menjadi pilihan dari Peek A Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Setelah adanya Guest Post, akhirnya Peek A Book menambah satu postingan baru yaitu Bincang Santai. Semoga dengan adanya postingan ini, semakin menambah pertemanan di antara para blogger dan penulis yaaa..
***
 
Tentang Rina Suryakusuma :

Rina
gambar diambil dari twitter mbak Rina

Seorang wanita yang lahir di bulan Mei ini memiliki berjuta mimpi. Kamu bisa menemukan kesehariannya di Twitter | Instagram | Goodreads

No comments:

Post a Comment

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...