Home         Who Am I         Corner         Rate Card         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

2 March 2016

Nice Chat with Viera Fitani

 

Baca juga yaa.. (Bincang Santai | Mengenal Acariba lebih Dekat) 

Holaaa...



Gimana bincang santai minggu kemarin? Seru kan? Asik kan? Masih ada pertanyaan? Waa, tunggu yaaa, siapa tau bakalan ada sesi berikutnya nanti. Jadi, kalian semua sobat Peek A Book pinginnya nih Bincang Santai menghadirkan siapa nih? Boleh request lhoo.. 

Bincang Santai kali ini akan menghadirkan penulis yang udah mengeluarkan 2 novel dan laris manis di pasaran. Kamu udah punya novel-novelnya belum? Belum? Yaa, segera dapatkan di toko buku terdekat. Udah ada yang tau belum siapa yang hadir kali ini? Yup! dia adalah mbak Viera Fitani alias MomPir *yeayyyy, nari pompom2*. Udah kenal kan? Belum juga? Oke, kita bisa kenalan lebih jauh di sini yaa.. Are you ready?
Oke, simak yuk acara Bincang Santai bareng mbak Viera Fitani.


Hallo, mbak Viera, apa kabarnya? Waaahhh, lagi sibuk apa nih sekarang, mbak? Manggilnya Mompir aja lebih enak kali ya, mbak

Hallo Asri... Alhamdulillah sehat 😊. Boleh panggil apa aja kok, mompir, bunvy, teteh, adek. Lagi sibuk memikirkan ide cerita baru *eea*..


Ehm, Mompir, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan, mom? Ehm, Mompir, kalau boleh tau nih, hobi menulis itu sejak kapan sih, mbak? Ceritain dong, mom, awal mula naskahnya diterbitin sama penerbit Elex Media.

Hihi...boleh boleh. Agak panjang ya ceritanya. *sok atuh, mom, cerita aja*. Hobi menulis diawali dari keranjingan baca sejak kecil. Setelah resign dari praktek Dokter Gigi *jadi dokter gigi pribadiku, mau, mom?* untuk fokus ama bocah2 di rumah, aku jadi nggak punya kesibukan lain. Nah di situ mulanya belajar nulis. Awalnya coba ikut kirim2 cerpen kalau ada lomba. Tapi nggak pernah menang 😄. Nah kemudian, sekitar tahun 2013 aku kenal wattpad. Setelah recommended story sudah habis dibaca, aku mencoba untuk menulis. Tentu saja waktu itu dapet vote 0 dan komen 0 😂 Tapi sudah bahagia bgt punya wadah untuk menulis. 


Cerita pertama yang kutulis, Stick with You. Kemudian Friendship with(out) Love dan Railway in Love. Aku mencoba kirim naskah Railway in Love ke Elex Media dan Alhamdulillah dapat respon positif. Namun editor meminta pilihan naskah lain kalau ada. Kebetulan Morning Breeze yang beruntung terpilih.

Kalau boleh tau nih, mom, ada alasan khusus nggak, mom, Mompir memilih judul dari setiap novel mompir itu dalam bahasa Inggris? Kemudian bisa diceritain nggak, mom, kenapa mompir memilih genre romance di setiap karya mompir?

Sebenarnya untuk pemilihan judul, aku selalu kaitkan dengan isi cerita. Atau biasanya dengan salah satu quote dari tokohnya. Kenapa bahasa inggris? Karena beberapa padanan kata agak kurang enak didengar jika memakai bahasa Indonesia. Bukan nggak cinta tanah air, namun pemilihan judul ini terbilang susah2 gampang karena harus menarik pembaca. Mudah2an untuk judul berikutnya ada padanan kata dalam bahasa Indonesia yang sesuai😊

Genre romance, karena itu genre favorit aku😄 mau ceritanya genre scifi atau fantasi, bagian romance dari genre itu tetep jadi favorit. 

Adakah cerita di balik penulisan 2 karya mompir tersebut? Morning Breeze dan Railway in Love? Ada tantangan/kesulitan tersendiri nggak, mom? Kalau ada, di cerita apa, bab berapa, mom?

Morning Breeze sempet ngalamin writer block, tapi nggak lama. Kesulitannya, aku sendiri lebih suka nulis comedy romance. Sementara konflik di Morning Breeze membuat aku nggak bisa mengeluarkan sisi comedy yang banyak. Jadi agak melow pas nulisnya :'(

Railway in love ini kalau nggak salah inget, termasuk cerita yang lancar. Tiap dua atau tiga hari sekali update di wattpad. Kesulitannya, setelah dibaca ulang, banyak typo dll.. sehingga menghabiskan waktu banyak untuk editing sebelum dikirim ke penerbit.

Mompir, apakah setiap kali mompir menulis cerita selalu disertai dengan riset? Biasanya berapa lama, mom? Kalau untuk menulis cerita mompir yang sudah dibukukan, membutuhkan waktu berapa lama, mom?

Tentu. Riset adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses menulis. Biasanya aku tulis profesi apa yang dipakai untuk cerita itu. Kemudian mulai cari teman yang berprofesi itu, menanyakan kegiatan mereka saat bekerja. Dibantu dengan google juga. Proses riset biasanya tergantung saat itu apa yang dibutuhkan. Nanti bab berikutnya riset hal baru lagi.
Morning Breeze butuh waktu menulis hampir delapan bulan, sementara Railway in love tiga bulan.

Ada rencana nggak, mompir, setelah Railway in Love akan ada karya terbaru Mompir yang akan terbit dalam waktu dekat ini? Atau ada rencana lain di dalam karir kepenulisan Mompir?

Rencana sih, Implovessible *yang ini Peek A Book demen banget* yang saat ini masih jalan di wattpad. Mudah2an ada rezekinya untuk terbit juga ya. Mohon doanya 😊

Bisa dijelasin sedikit, mom, kenapa mom tertarik untuk mengambil genre romance? Nggak ingin mencoba genre lain, mungkin?

Sebagian besar buku yang aku baca bergenre romance, begitu juga film dan drama yang aku tonton. Menulis genre lain mungkin pernah terlintas, tapi belum ada waktu eksekusinya 😄. InsyaAllah mudah2an suatu hari bisa menulis genre scifi atau fantasi ya. 

Mungkin, buat yang belum tau mengenai karya Mompir, bisa diceritain sedikit mbak, mengenai Morning Breeze dan Railway in Love?

Morning Breeze berkisah tentang cinta seorang dokter kepada asistennya/perawat. Dokter Fabian menyukai Dinasty sejak awal bertemu, namun Dinasty ternyata sudah punya pacar bernama Dirga. Sayangnya, Dirga meninggalkan dia tanpa kabar sudah setahun lamanya. Dinasty pun mulai tertarik dengan Fabian. Namun saat hubungan keduanya mulai dekat, Dirga tiba2 muncul kembali. Dan yang mengejutkan Dinasty, ternyata Dirga dan Fabian saling mengenal ... kelanjutan kisahnya ada di novel yaaa 😄

Railway in love juga masih tentang cinta segitiga. Antara Andara, Harsya dan Ribeldi. Andara, pengacara muda yang tergila-gila sama bosnya, Harsya. Harsya yang sedang berusaha move on dari mantan tunangannya pun menyukai Andara. Namun keadaan berubah ketika mantan tunangan Harsya kembali ke Jakarta, dan juga kehadiran Ribeldi, sahabat harsya sekaligus klien Andara.

Dua novel ini sudah tersedia di gramedia dan toko buku online. Mari dibeliii.. *promosi*😊 *teteupppp*

Untuk cerita mompir yang sudah/ belum tamat di situs aplikasi Wattpad, apakah ada rencana akan dilanjutkan kemudian dibukukan, mom?

Saat ini rencanyanya baru Implovessible *oke, yang ini Peek A Book demen banget*. Yang lain masih dalam tahap penyelesaian☺ *semangat, mompir*
Menurut Mompir sendiri, blogger buku itu penting nggak sih, mom, dalam karir kepenulisan mompir saat ini?

Sangat penting. Keberadaan Asri dan teman-teman blogger buku lain sangat membantu aku, sebagai penulis untuk mempromosikan karya kami *terima kasih, mompir, sungkem*. Dan untuk pembaca, review2 yang disajikan blogger sangat menentukan apakah mereka akan membaca buku itu atau tidak.

Yang terakhir ya, mompir. Ada pesan nggak untuk para pembaca setia novel Mompir? Dan juga untuk para blogger buku, mom?

Untuk temen-temen pembaca, terima kasih banyak sudah bersedia membaca karya saya, baik dalam bentuk buku atau yang masih di wattpad. Terima kasih atas support dari kalian semua.


Untuk blogger buku, tetap semangat membaca dan mereview karya2 penulis lokal. Supaya karya-karya lokal bisa semakin berkembang dan semakin baik. Sukses untuk blogger buku semua.



Terima kasih, Mompir atas waktunya.. Semoga Mompir berkenan menjawabnya yaa.. Matur suwun.. Sukses selalu untukmu, Mompir.



Sama-sama, Asri. Terima kasih juga sudah diperkenankan mampir di blogmu yang kece ini. Sukses selalu untuk Peek A Book yaa :*. *terhuraa*


***

Gimana bincang santai Peek A Book bareng mbak Viera Fitani? Asyik kan? Seru banget kan? Jadi, tambah bikin nggak sabar menanti karya selanjutnya, lagi dan lagi. Kira-kira temanya masih romance atau berubah haluan menjadi fantasy? Kita tunggu saja tanggal mainnya. Ehm, kalau bisa sih, namaku boleh kok dijadiin nama tokoh ceweknya. Hahaha.. *ngarep banget*


Makasih banyak, mbak Viera Fitani, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk berbincang-bincang santai di rumah Peek A Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab yaa, mom *akrab, catet*. Hi.. hi.. hi..


 Untuk novel dari mbak Viera Fitani yang sudah terbit adalah :
25165528
review
27392418
review
    
Fiuh, asyikkk, kelar sudah bincang santai Peek A Book bersama dengan Viera Fitani. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog Peek A Book.
***
Bincang santai ini menjadi pilihan dari Peek A Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Setelah adanya Guest Post, akhirnya Peek A Book menambah satu postingan baru yaitu Bincang Santai. Semoga dengan adanya postingan ini, semakin menambah pertemanan di antara para blogger dan penulis yaaa..
***
https://pbs.twimg.com/profile_images/612151445496795136/ZvOYHqqP.jpgTentang Viera Fitani :

Lahir di Jakarta, 18 Desember 1987. Dokter gigi dan ibu dari dua orang putri. Pecinta buku. Mendengarkan musik dan menulis adalah kegiatan favoritnya di sela kesibukannya sebagai ibu rumah tangga. Railway in Love merupakan novel kedua yang terbit. Novel pertamanya, Morning Breeze yang terbit 16 Maret 2015 juga lahir dari penerbit Elex Media Komputindo.
 
 

3 comments:

  1. Jadi pengen baca buku buku romantis niih...udah lama enggak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, mbak vio..

      Ayoo, baca buku romance yukk.. :D

      Delete
  2. Aku udah punya kedua bukunya >< Kedua bukunya sukses bikin aku baper, senyum senyum ga jelas, dan ketawa ngakak :v (terutama Railway In Love).

    Sukses terus buat Mompir :D (ngikutin kak Asri :v). Aku tunggu novel ImpLOVEssible-nya yaak :'D

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...