Home         Who Am I         Corner         Rate Card         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

23 March 2016

Bincang Santai | Nari India bareng Haditha


 

Holaaa...

Setelah kemarin kita Ngopi Bareng tanpa Sianida bareng Mbak Louis Aluna, dan Alhamdulillah, viewersnya lumayan bikin kaget. Udah pada baca kan yaa? Gimana reaksi kalian, sobat semua? Suka? Atau masih kurang nih? Udah ada yang punya bukunya belum? Oh ya, kamu juga bisa lho merekomendasikan penulis yang pingin banget kamu tamplin di postingan ini. Asalkan penulisnya nggak susah dan nggak banyak aturannya yaa. Tulis aja di kolom komentar, kamu pingin Peek A Book menghadirkan siapa di postingan Bincang Santai ini. 
 
Untuk kesempatan kali ini, yuk, kita regangkan diri sejenak dengan menari memutari pohon bareng siapa hayooo? Yup, bareng sama kak Haditha Mohammad. Udah kenal belum sama kak Haditha Mohammad? Udah tau kak Haditha nulis apa ajah? Oke, mungkin buat yang belum kenal, dengan bincang santai ini bisa sedikit mengenal kak Haditha. Buat yang udah kenal, akan lebih mengenal dan jatuh cinta dengan karya-karyanya.. Ho.. ho.. ho..

Oke, simak yuk acara Bincang Santai bareng kak Haditha Mohammad.


Hallo, kak Haditha, apa kabarnya? Waaahhh, lagi sibuk apa nih sekarang, kak?  

Kabar baik luar binasa.. sibuk nulis, kerja, freelance, kuliah
  
Ehm, kak Haditha, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan, kak? Ehm, kak Haditha, kalau boleh tau nih, hobi menulis itu sejak kapan sih, kak? Ceritain dong, kak, awal mula naskahnya terbit di Buku Oryzae.

Pertama kesambet nulis tahun 2011 waktu di asrama di Bekasi. Lagi bosen ceritanya, eh ngetik ngetik kok keterusan. Langsung deh ide cerita waktu SMP ditarik untuk ditulis wujud novelnya. Walhasil 3 bulan kelar tuh. 

Awal tahu BO dari mbak Yacita.. dan awalnya kenal mbak Yacita dari wattpad. Aku kasih baca Remy Yorke eh suka.. trus direkomenin terbitin di BO aja. Langsung aku cari tuh BO.. masukkin dan tadaa diterima masuk kategori premium gold.  
 

Kalau boleh tau nih, kak, ada alasan khusus nggak, kak, kakak memilih  memilih genre fantasy di karya kakak? 

Karena bacaan pertama saya Harry Potter dan sejenisnya dan somehow otak ini asupannya melulu fantasi. Jadi ya.. gak jauh2 deh. Tapi sekarang lagi eksplor potensi fantasi lokal yang bernuansa klenik *berasa dukun aja, kak, kalau kayak gini*

Adakah cerita di balik penulisan karya-karya kakak tersebut?  Ada tantangan/kesulitan tersendiri nggak, kakak? Kalau ada, di cerita apa, bab berapa, kakak? 

Kalo diceritain bakal panjang nih. Tantangan utamanya sih ya.. gimana menghadapi writer's block gitu.. pernah kejadian pas mau nulis RY kedua. Hampir 2 tahun gak ditulis-tulis. Haha. Tapi sekarang alhamdullillah disiplin menulisnya udah kebentuk.  

Kak Haditha, apakah setiap kali kakak menulis cerita selalu disertai dengan riset? Biasanya berapa lama, kak? Kalau untuk menulis cerita kakak yang sudah dibukukan, membutuhkan waktu berapa lama, kak? 

Tergantung sih. Ambil risetnya sambil nulis. Gak harus riset dulu sampe kelar. Ntar nulisnya kapan dong? Haha. Riset kalo memang diperlukan.
Beda beda durasinya ya.. Remy Yorke 1 itu awal naskahnya nulis 3 bulan. Dan butuh 2 tahun sampe jd skrg yg udh terbit di BO.
Anak Pohon yg terbit di Fantasious.. itu nulisnya 5 bulan.
Sumur Hitam (sudah terbit) nulisnya 3 bulan.
Remy Yorke 2 nulis intensnya selesai 5 bulan.  
*busettt, termasuk cepet juga yaa*

Ada rencana nggak, kak, untuk menerbitkan karya baru lagi dalam waktu dekat ini? Atau ada rencana lain di dalam karir kepenulisan kak Haditha? 

Rencana sih ada.. soalnya selalu ada ide dan buku baru yg pengen ditulis.
Nulis Nagaraga sudah satu tahun, bakal tebel tuh. Moga ada penerbit yang mau terbitin.
Sumur hitam udah kelar, tinggal nyari penerbitnya. Masih bingung. Menanti review dari temen-temen dulu. 

Remy Yorke 2... hmm kira-kira tahun ini.
Astral Travel Agent... juga moga-moga kelar tahun ini.
Biasanya aku kalo selesai nulis satu buku aku bikin PoD terbatas buat temen2, pengen tahu apa kesannya dulu.  

Mungkin, buat yang belum tau mengenai karya kak Haditha, bisa diceritain sedikit kak, mengenai karya kakak?
  Saya fokusnya ke fantasi. 

Karya pertama saya Remy Yorke Prime Knight Ascending. Buku duanya sebetulnya udah kelar tahun 2013, tapi mau dirombak dulu. 

Trus ada Anak Pohon ... nah ini saya mulai keluar dr zona nyaman.. nyoba memadukan unsur fantasi dengan klenik lokal, kearifan lokal sama isu yang lagi marak. Rasa lokalnya kental, wong settingnya jawa. 

Nagaraga ini epik fantasi. Terinspirasi dari Game of Thrones. Niatnya mau ditulis 1000 halaman. 

Menurut kak Haditha sendiri, blogger buku itu penting nggak sih, kak, dalam karir kepenulisan kakak saat ini?
  Penting banget. Bisa jadi mediator penulis ke pembaca yang lebih luas. Pembaca yang dicari dulu kan reviewnya. Keberadaan blogger buku di sini penting.  

Yang terakhir ya, kak. Ada pesan nggak untuk para pembaca setia novel kak Haditha? Dan juga untuk para blogger buku, kak?
 
Dont lose hope. Hope is good.
Keep progressing.

***
Gimana bincang santai Peek A Book bareng kak Haditha? Asyik kan? Seru banget kan? Jadi, tambah bikin nggak sabar menanti karya selanjutnya, lagi dan lagi. Kira-kira temanya masih tetap fantasy mengandung perklenikan atau akan berubah haluan menjadi fantasy romance? Kita tunggu saja tanggal mainnya. Ehm, kalau bisa sih, namaku boleh kok dijadiin nama tokoh ceweknya. Hahaha.. *ngarep banget*

Makasih banyak, kak Haditha, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk berbincang-bincang santai di rumah Peek A Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab yaa, kak *akrab, catet*. Hi.. hi.. hi..

 Untuk novel dari kak Haditha yang sudah terbit adalah :
28700503
25355919
28257521
24450838


Asyikkk, kelar sudah bincang santai Peek A Book bersama dengan Haditha Mohammad. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog Peek A Book.


***

Bincang santai ini menjadi pilihan dari Peek A Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Setelah adanya Guest Post, akhirnya Peek A Book menambah satu postingan baru yaitu Bincang Santai. Semoga dengan adanya postingan ini, semakin menambah pertemanan di antara para blogger dan penulis yaaa..
***
http://d.gr-assets.com/authors/1442877830p8/6960812.jpg Tentang Penulis :

Lahir di Pontianak, 25 tahun yang lalu. Saat ini tinggal di Tangerang. Haditha adalah penulis yang tengah berjuang.
Menyukai kisah fantasi dan sastra Indonesia yang indah.
Kini ia lagi suka-sukanya mengulik potensi kisah lokal dengan balutan fantasi, horor, dan klenik.
Kamu bisa melihat kesehariannya di Twitter| Facebook | Blog.

1 comment:

  1. Foto kak Haditha kok unyuuu sih? Pengen cubitin pipinya wakakaaa :D

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...