Home         Who Am I         Corner         Rate Card         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

30 March 2016

Bincang Santai | Kencan Cantik di Bridal sama Mbak Dy Lunaly

 

Baca juga yaa.. (Nari India bareng Haditha ) 

Holaaa...

Setelah kemarin kita Nari India bareng sama Haditha, nah, sekarang kita Kencan Cantik dulu yuk sama mbak Dy Lunaly.
 
Udah kenal belum sama mbak Dy Lunaly? Udah tau kan novel karya mbak Dy Lunaly? Oke, mungkin buat yang belum kenal, dengan bincang santai ini bisa sedikit mengenal mbak Dy Lunaly. Buat yang udah kenal, akan lebih mengenal dan jatuh cinta dengan karya-karyanya.. Ho.. ho.. ho..

Oke, simak yuk acara Bincang Santai bareng mbak Dy Lunaly..


 

Hallo, mbak Dy, apa kabarnya? Waaahhh, lagi sibuk apa nih sekarang, mbak?

Sekarang lagi sibuk revisi draft terakhir yang direncanakan terbit bulan April, mau mulai nulis di blog lagi dan sibuk ngejar deadline kerjaan aja, sih.
 
Ehm, mbak Dy, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan, mbak? Ehm, mbak Dy, kalau boleh tau nih, hobi menulis itu sejak kapan sih, mbak? Ceritain dong, mbak, awal mula naskahnya diterbitin sama penerbit mayor, di Bentang Pustaka yaa, mbak, atau ada yang lain lagi?

Boleh banget kalau mau nanya-nanya. Hm, suka nulis sejak kecil. Tapi baru mulai SMA berani nulis-nulis cerpen di kertas terus diedarind ari kelas ke kelas. Antar temen aja, sih. Dan karena dapat tanggapan posistif jadi semangat nulisnya. Kuliah, punya keinginan buat bikin novel tapi sampai sekarang draft itu belum selesai. Kayaknya karena temanya udah nggak relevan sama aku dan hm, terlalu personal konfliknya.

Pertama kali terbit, iya, di bentang pustaka. Cerita waktu itu mereka nagdain lomba karena mau buku lini baru, bentang belia. Dan naskahku masuk salah satu naskah pilihan. Sejak itu bisa dibilang jadi rutin nerbitin novel di bentang pustaka.
panjang ya jawabannyaaaa...
 
Kalau boleh tau nih, mbak, ada alasan khusus nggak, mbak, mbak Dy memilih judul dari setiap novel mbak Dy dalam bahasa Indonesia, dan ada yang berbahasa Inggris juga?  Kemudian bisa diceritain nggak, mbak, kenapa mbak Dy, memilih genre romance, young adult, teenlit dalam setiap karya mbak?

Hm, judul senemunya aja, sih. Biasanya nyari yang paling menggambarkan naskah yang pengin aku tulis. Banyak yang nulis dulu baru nyari judul, kalau aku nggak bisa. Judul dulu baru bisa nulis. KAlau belum nemu judul suka mandek sendiri gitu. Kenapa Romance...well sebenarnya nggak bisa dibilang pure romance ya. Tapi sejauh ini masih nyaman di genre ini. KAlau YA atau teenlite sih sesuai request editor 


Adakah cerita di balik penulisan semua karya mbak Dy tersebut? Ada tantangan/kesulitan tersendiri nggak, mbak? Kalau ada, di cerita apa, bab berapa, mbak?


Ada. Tiap naskah personal sih sebenarnya. Selalu ada cerita kenapa aku pengin nulis tentang itu. Tapi kalau aku ceritain bakalan panjang banget yaa.. Hampir dipenulisan setiap novel aku ngalamin kesulitan. Ada yang kesulitan gede sampai nggak bisa ngelanjutin cerita beberapa hari, tapi ada juga yang cuma mandek2 kecil. 

Kesulitannya macam-macam, ada yang karena ngerasa adegan yang udah ditulis masih kurang greget, ada yang bingung gimana cara yang enak nyambung antar bab atau yang paling sering, kesulitan nemu kalimat pembuka bab yang kece.


Mbak Dy, apakah setiap kali mbak Dy menulis cerita selalu disertai dengan riset? Biasanya berapa lama, mbak? Kalau untuk menulis cerita mbak Dy, yang sudah dibukukan, membutuhkan waktu berapa lama, mbak?

Aku termasuk kelompok penulis yang menganggap riset itu penting. Hampir setiap kali nulis selalu diiringi riset. Hm, berapa lamanya relatif ya. Dan ada yang riset dulu baru nulis, ada juga yang barengan, riset dan nulis sekali jalan. Sejauh ini yang paling lama novel aku yang keempat, Pssst! karena selain harus riset lokasi juga riset karakter dan membangun hubungan antar tokohnya.
 
 Ada rencana nggak, mbak Dy, setelah My Wedding Dress, akan ada karya terbaru mbak Dy yang akan terbit dalam waktu dekat ini? Atau ada rencana lain di dalam karir kepenulisan mbak Dy?


InsyaAllah ada. Di bulan April masih bareng Bentang Pustaka. Rencana lain, pengin belajar nulis lebih baik lagi biar ide 2 cerita di kepala berani aku tuliskan.


Bisa dijelasin sedikit, mbak Dy, kenapa mbak Dy tertarik untuk mengambil genre romance? Nggak ingin mencoba genre lain, mungkin?


Aku pribadi nggak ngerasa kalau tulisanku pure romance sih. Kenapa pilih ini karena sejauh ini masih nyaman di Romance. Pengin nyobe genre lain? Pengin. Pengin nyoba thriller atau psikologis gitu. 


Mungkin, buat yang belum tau mengenai karya mbak Dy, bisa diceritain sedikit mbak, mengenai karya-karya mbak secara singkat?

Hm..okay, let see..

My Daddy ODHA itu tentang cewek yang dibully karena latar belakang keluarganya. Daripada romance lebih kental menceritakan persahabatan dan how to survive high school. LOL

Remember Dhaka menceritakan pencarian jati diri dan mengartikan kembali bahagia.

Ny Over Heels, hm, lebih kayak...kalau kamu bersungguh-sungguh mengejar mimpi, semesta akan membantu.

Pssst! Persahabatan dan seberapa dekat dan merasa kamu mengenal seseorang selalu ada rahasia tentang mereka yang nggak kamu ketahui

My Wedding Dress tentang move on dan berdamai dengan masa lalu
 
 Menurut mbak Dy sendiri, blogger buku itu penting nggak sih, mbak, dalam karir kepenulisan mbak Dy saat ini?

Menurutku, sih penting. Aku pribadi suka sengaja nyari-nyari review novelku dan jadiin itu bahan refleksi dan belajar. Kalau nggak ada blogger buku bakalan susah nyari reviewan, kan? Cukup membantu promosi juga.
 
Yang terakhir ya, mbak Dy. Ada pesan nggak untuk para pembaca setia novel mbak Dy? Dan juga untuk para blogger buku, mbak?









Pesanku...beli novel-novel aku ups, nggak bukan itu pesan aku. Pesanku, Terus membaca karena sering kali jawaban yang kita cari ada di dalam buku yang sedang dan akan kita baca.
***
Gimana bincang santai Peek A Book bareng mbak Dy? Asyik kan? Seru banget kan? Jadi, tambah bikin nggak sabar menanti karya selanjutnya, lagi dan lagi. Kira-kira temanya masih tetap romance atau akan berubah haluan menjadi thriller? Kita tunggu saja tanggal mainnya. 

Makasih banyak, mbak Dy, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk berbincang-bincang santai di rumah Peek A Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab yaa, mbak *akrab, catet*. Hi.. hi.. hi..
 Untuk novel dari mbak Dy yang sudah terbit adalah :
1728248016003920
19456807 17620615 27425560

Asyikkk, kelar sudah bincang santai Peek A Book bersama dengan Dy Lunaly. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog Peek A Book.
***
Bincang santai ini menjadi pilihan dari Peek A Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Setelah adanya Guest Post, akhirnya Peek A Book menambah satu postingan baru yaitu Bincang Santai. Semoga dengan adanya postingan ini, semakin menambah pertemanan di antara para blogger dan penulis yaaa..
***
https://pbs.twimg.com/profile_images/704171580302036992/Z1_vC-As.jpgTentang Penulis :
 
Seorang gadis pecinta buku yang memiliki segudang ide di kepalanya dan kemudian dituangkannya ke dalam sebuah tulisan. Pemimpi yang sedang berusaha mewujudkan impiannya. Juga sedang mencari partner terbaik. Kamu bisa menemukan kesehariannya di Twitter | Blog 

6 comments:

  1. Penasaran deh sama cara mbak asri buat ngadain bincang santai ini. Apa wawancaranya via email atau begimana, kepo deeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada dehhh.. hehehe.. It's a secret wkwkwk..

      Delete
  2. Wohooo, salah satu penggemar tulisan kak Dy. Ceilaah, padahal baru baca Psstt, yang mantan itu, sama My Wedding Dress *kode-kode biar ditimpukin NY Over Heels :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ketinggalan GA My Wedding dress hiks.. dan tetep mesti dapettttt..

      Delete
  3. Jadi penasaran sama My Wedding Dress nih, hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo, beli bukunyaa.. ayoo baca yukk :)

      Delete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...