Home         Who Am I         Corner         Rate Card         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

9 March 2016

Bincang Santai | Hai Mayya..

 

Baca juga yaa.. (Bincang Santai | Nice Chat with Viera Fitani) 

Holaaa...

Alhamdulillah, setiap minggu setiap kali posting rubrik Bincang Santai, antusiasmenya luar biasa. Walaupun cuma dibaca aja dan jarang ada yang komentar, tapi itu udah bikin Peek A Book seneng banget *jejingkrakan sendiri*. Gimana dengan Bincang Santai minggu kemarin. Suka kan? Akhirnya bisa kenalan lebih dekat dengan mbak Viera kan? Yeayyyy..  Oh ya, kamu juga bisa lho merekomendasikan penulis yang pingin banget kamu tamplin di postingan ini. Asalkan penulisnya nggak susah dan nggak banyak aturannya yaa. Tulis aja di kolom komentar, kamu pingin Peek A Book menghadirkan siapa di postingan Bincang Santai ini. 
 
Untuk kesempatan kali ini, yang bertamu ke rumah Peek A Book adalah mbak Mayya Adnan. Udah tau dong pastinya novel mbak Mayya apa aja. Udah ada 4 novel lho.. Yang terbaru sudah hadir menyapa kalian kemarin lhoo di tanggal 7 Maret 2016. Udah punya kan? Udah ada yang kenal kan yaaa, siapa itu Mayya Adnan? Belum? Haduhhh.. Oke, mungkin buat yang belum kenal, dengan bincang santai ini bisa sedikit mengenal mbak Mayya Adnan. Buat yang udah kenal, akan lebih mengenal dan jatuh cinta dengan karya-karyanya.. Ho.. ho.. ho..


Oke, simak yuk acara Bincang Santai bareng mbak Mayya Adnan.
Hallo, mbak Mayya, apa kabarnya? Waaahhh, lagi sibuk apa nih sekarang, mbak? .

Haloooo...Alhamdulillah baik...lagi sibuk dengan kegiatan dunia nyata aja dan deg-degan nunggu kelahiran Sweet Disaster hihihi...
 
Ehm, mbak Mayya, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan, mbak? Ehm, mbak Mayya, kalau boleh tau nih, hobi menulis itu sejak kapan sih, mbak? Ceritain dong, mbak, awal mula naskahnya diterbitin sama penerbit Elex Media.

Hobi nulis sih dari SD, ya. Dulu kayaknya punya diary dan ngetik dengan mesin tik. Waktu SMP malah punya buku kumpulan cerpen karya sendiri yang ditulis tangan. Pssst...buku ini dibaca sama teman-teman sekelas lho hihihi...

Awal mula naskah diterbitin sama Elex? Berawal dari cerita yang saya upload di wattpad secara berkala...saat itu tahun 2014 saya sedang menulis Lie To Me (terbit dengan judul My Fiancee Is a Secret Agent), pihak Elex mengirim pesan dan menanyakan apakah saya bersedia mengirimkan naskah saya...yaah terus terang naskah Lie To Me saat itu masih berantakan belum jelas arah tujuan ceritanya (ciee...). Nggak disangka pihak Elex ternyata berminat dengan The Proposal karena saat itu bertepatan dengan momen Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Prosesnya cukup kilat namun sempat mengalami penundaan jadwal terbit dikarenakan momen Pileg dan Pilpres.
 
Kalau boleh tau nih, mbak, ada alasan khusus nggak, mbak, mbak memilih judul dari setiap novel mbak itu dalam bahasa Inggris? Kemudian bisa diceritain nggak, mbak, kenapa mbak memilih genre romance di setiap karya mbak?
 
Nggak ada alasan khusus sebenarnya kenapa memilih judul bahasa Inggris...awalnya milih judul yang mudah diingat, dengan maksimal tiga kata karena menurut saya lebih eye catchy...itu aja sih.

Romance? hmmm...mungkin karena saya sebenarnya termasuk orang yang punya jiwa romantis kronis haha...denger lagu mellow bisa sampai menghayati dengan mata berkaca-kaca... :)

 
Adakah cerita di balik penulisan 3 karya mbak tersebut? The Proposal of Love, My Fiancee is A Secret Agent dan yang terbaru Sweet Disaster? Ada tantangan/kesulitan tersendiri nggak, mbak? Kalau ada, di cerita apa, bab berapa, mbak?

Cerita di balik penulisan? Senjata saya menulis hanya handphone di tangan. Dulu saya selalu menyempatkan menulis saat saya ada ide...dan hal itu bisa terjadi dimana saja, bisa di perjalanan saat saya naik kereta, bisa di kantin saat saya makan, atau bahkan menjelang saya tidur.

Tantangan yang paling sulit untuk saya adalah menggambarkan adegan lovey-dovey pasangan...hahaha...walau saya berjiwa romantis kronis nan kritis kalau harus menuliskan scene terlalu mesra rasanya susaaaah sekali...cerita Sweet Disaster...adegan mesra Puri-Dimas membuat saya geli sendiri :)

Mbak Mayya, apakah setiap kali mbak menulis cerita selalu disertai dengan riset? Biasanya berapa lama, mbak? Kalau untuk menulis cerita mbak yang sudah dibukukan, membutuhkan waktu berapa lama, mbak?


Riset itu penting...karena dengan riset akan semakin memperkaya tulisan kita dan mungkin hal tersebut bermanfaat untuk orang lain karena menambah wawasan, Berapa lama? tergantung...sampai saat ini saya juga masih melakukan riset untuk sebuah project...nah riset itu bisa literatur atau wawancara lansung. Untuk Riset The Proposal Of Love, My Fiancee Is A Secret Agent dan Sweet Disaster tidak memerlukan waktu lama. Apa yang tertulis dalam cerita tersebut adalah cerita sehari-hari yang terjadi di sekitar kita...termasuk perkembangan politik di tanah air.
 
Ada rencana nggak, mbak, setelah Sweet Disaster akan ada karya terbaru mbak Mayya yang akan terbit dalam waktu dekat ini? Atau ada rencana lain di dalam karir kepenulisan mbak Mayya?
 
Belum ada...masih mencoba mengumpulkan semangat untuk menyelesaikan cerita Love After Love di wattpad dan riset untuk next project yang diminta boss editor Elex...Doakan saja semua lancar :)

Bisa dijelasin sedikit, mbak, kenapa mbak tertarik untuk mengambil genre comedy romance? Nggak ingin mencoba genre lain, mungkin?


Belum pernah mencoba comedy romance...karena nggak ngerasa punya bakat melucu hihihi...genre yang lain? misteri mungkin seru, ya :)

Mungkin, buat yang belum tau mengenai karya mbak Mayya, bisa diceritain sedikit mbak, mengenai The Proposal of Love, My Fiancee is A Secret Agent dan Sweet Disaster?


Wah...mungkin bisa langsung aja ke TKP ya untuk tahu cerita ini. Yang pasti TPOL, MFIAA dan SD bukan hanya bercerita tentang cinta antara laki-laki dan perempuan saja tapi juga menggambarkan kekompakan sebuah keluarga.
 
Untuk cerita mbak yang sudah tamat di situs aplikasi Wattpad, apakah ada rencana akan dilanjutkan kemudian dibukukan, mbak?

Kebetulan Sweet Disaster yang akan tersedia di toko buku Gramedia pada 7 Maret adalah cerita saya yang sudah tamat di wattpad. Belum ada lagi, sih, yang sudah tamat :)
(kabur ah takut ditagih updetan Mas Dipta :) )

 
Menurut mbak Mayya sendiri, blogger buku itu penting nggak sih, mbak, dalam karir kepenulisan mbak saat ini?

Blogger penting, dong. Berkat blogger juga orang lain jadi tahu karya saya.
 
Yang terakhir ya, mbak. Ada pesan nggak untuk para pembaca setia novel mbak Mayya? Dan juga untuk para blogger buku, mbak?

Jangan lupa Dimas-Puri (Sweet Disaster) dijemput ya di toko buku #tetepnumpangpromo. Untuk semuanyaaaa... saya mengucapkan terima kasih atas dukungannya selama ini mulai dari wattpad sampai naik rak di toko buku. Ayo beli novel lokal :)

    
***

Gimana bincang santai Peek A Book bareng mbak Mayya Adnan? Asyik kan? Seru banget kan? Jadi, tambah bikin nggak sabar menanti karya selanjutnya, lagi dan lagi. Kira-kira temanya masih romance atau berubah haluan menjadi mistery? Kita tunggu saja tanggal mainnya. Ehm, kalau bisa sih, namaku boleh kok dijadiin nama tokoh ceweknya. Hahaha.. *ngarep banget*



Makasih banyak, mbak Mayya Adnan, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk berbincang-bincang santai di rumah Peek A Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab yaa, mbak *akrab, catet*. Hi.. hi.. hi..


 Untuk novel dari mbak Mayya Adnan yang sudah terbit adalah :
23007426
review
https://pbs.twimg.com/media/CEcmN3YUUAAoCV1.jpg
review
23645348https://a.wattpad.com/cover/7578898-368-k531995.jpg
























 
Fiuh, asyikkk, kelar sudah bincang santai Peek A Book bersama dengan Mayya Adnan. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog Peek A Book.
***
Bincang santai ini menjadi pilihan dari Peek A Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Setelah adanya Guest Post, akhirnya Peek A Book menambah satu postingan baru yaitu Bincang Santai. Semoga dengan adanya postingan ini, semakin menambah pertemanan di antara para blogger dan penulis yaaa..
***

Tentang Mayya Adnan : 

Adalah pecinta kucing yang senang berdiskusi tentang dunia politik. Ia memulai debutnya di wattpad, sebuah komunitas online yang mana penggunanya bisa menulis dan membagikan hasil tulisannya yang dapat dibaca siapa saja. Novel pertamanya adalah The Proposal of Love (Elex Media Komputindo, 2014) dan ia juga bekerja sama dengan enam penulis menerbitkan kumpulan cerpen berjudul Phobia.

8 comments:

  1. waaaaw, Asri rajin banget deh ngeblognya. kereeen!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, intan.. *tersipu malu sambil gigit bantal*

      Delete
  2. Wah keren ya mbak astri yang kemarin kisah blogger yg bekerja, sekarang penulis kereen selamat

    ReplyDelete
  3. Wah keren ya mbak astri yang kemarin kisah blogger yg bekerja, sekarang penulis kereen selamat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, mbak Eva.. Semoga menginspirasi yaa..

      Delete
  4. Thank you ya Asriiii :)

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...