Home         Who Am I         Corner         Rate Card         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

24 February 2016

Mengenal Acariba lebih Dekat


Baca juga yaa.. (Ask Author | Bincang Santai bersama Asri Tahir ) 

Holaaa...





Yeayyyy.. Setelah minggu kemarin Peek A Book menuliskan postingan mengenai Bincang Santai, akhirnya mulai minggu kemarin, postingan Bincang Santai bareng Peek A Book mulai berjala, insya allah, rutin setiap minggu. Doakan saja yaa, semoga bakalan ada banyak banget penulis atau pun pembaca atau pun blogger yangberkenan singgah di rumah Peek A Book dan berbincang-bincang bareng Peek A Book. Kamu juga bisa lho merekomendasikan penulis yang pingin banget kamu tamplin di postingan ini. Asalkan penulisnya nggak susah dan nggak banyak aturannya yaa. Tulis aja di kolom komentar, kamu pingin Peek A Book menghadirkan siapa di postingan Bincang Santai ini. 
Untuk kesempatan kali ini, yang akan tampil adalah *jreng* *jreng* *jreng* mbak Rike alias Acariba. Udah ada yang kenal kan yaaa, siapa itu Acariba? Belum? Haduhhh.. Oke, mungkin buat yang belum kenal, dengan bincang santai ini bisa sedikit mengenal mbak Acariba. Buat yang udah kenal, akan lebih mengenal dan jatuh cinta dengan karya-karyanya.. Ho.. ho.. ho..


Oke, simak yuk acara Bincang Santai bareng mbak Acariba.

Hallo, mbak Rike, apa kabarnya? Waaahhh, lagi sibuk apa nih sekarang, mbak? Dengar-dengar lagi sakit yaa, mbak? Semoga lekas sembuh yaaa, mbak. 


Iya, makasih doanya, kemarenan emang lagi kena radang. Makanya agak susah mau ngapa-ngapain.

Ehm, mbak Rike, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan, mbak? Ehm, mbak Rike, kalau boleh tau nih, hobi menulis itu sejak kapan sih, mbak? Ceritain dong, mbak, awal mula naskahnya diterbitin sama penerbit Elex Media.


Boleh-boleh nanya-nanya. Kalau hobi nulis dari SD kali ya. Secara gitu, sekolah kagak nulis, mau jadi apaaaa nanti? Wakakakakakkakak… kebetulan aja mulai di tekuni waktu kuliah, terus semakin menekuni pas sudah jadi embok-embok. Setelah lama nulis, coba-coba kirim, Alhamdulillah ditolak penerbit. Tapi berhubung ane pantang menyerah buat ngirim ke penerbit, (sama ngeyelan beda tipis sih) Alhamdulillah lagi, kok ada naskah yang diminati Elex media


Kalau boleh tau nih, mbak, ada alasan khusus nggak, mbak, mbak memilih judul dari setiap novel mbak itu dalam bahasa Inggris? Kemudian bisa diceritain nggak, mbak, kenapa mbak memilih genre comedy romance di setiap karya mbak? 


Sebenernya, ane malah pengen nulis judulnya pake bahasa Jawa. Maklum, sebagai miss Java 2016 gitu, visi dan misinya pengen melestarikan bahasa Jawa. Tapi begitu di tulis, berasa kayak lagu pantura yak. “Wadon ingkang penting” trus, “Kucing ketemu mantri kewan”
begitulah, akhirnya judulnya jadi bahasa Inggris. Berasa lebih enak aja disebutnya.


Adakah cerita di balik penulisan 2 karya mbak tersebut? Precious Lady dan Cat Meet Vet? Ada tantangan/kesulitan tersendiri nggak, mbak? Kalau ada, di cerita aoa, bab berapa, mbak?


Tantangan sama kesulitannya sih benernya banyak. Mulai dari mood amburadul, anak yang minta perhatian. Bapaknya yang minta perhatian juga (hloh?). sampe-sampe pilem-pilem di tipi yang minta perhatian. Di setiap bab adalah tantangannya. Cuma ya mungkin karena aye pantang menyerah (baca:ngeyelan) akhirnya bisa selesai juga ya nulisnya. Selain itu sebenernya komentar-komentar dari OLMAIPREN di watty siih dulu yang sangat memacu semangat (perngeyelan) ane.


Mbak rike, apakah setiap kali mbak menulis cerita selalu disertai dengan riset? Biasanya berapa lama, mbak? Kalau untuk menulis cerita mbak yang sudah dibukukan, membutuhkan waktu berapa lama, mbak?


Kalau riset sih emang iya. Berapa lamanya, ya selama menulis cerita itu. Begitu tamat dan selesai di edit, selesai juga risetnya. Selama ini dari dua buku sih sekitar setahunan untuk nyelesain cerita. wekekekekekekekkekeke



Ada rencana nggak, mbak, setelah Cat Meet Vet akan ada karya terbaru mbak Rike yang akan terbit dalam waktu dekat ini? Atau ada rencana lain di dalam karir kepenulisan mbak Rike?


Kalau terbit lagi, ndak tahu juga ya. Di doakan aja. Tapi untuk tulisan lain, insya Allah bakalan ada di wattpad. Kedepannya sih mau belajar buat nulis lagi biar lebih bagus. Termasuk nulis surat keterangan ijin nggak masuk kalo bocah-bocah sekolah entar. Behehehehehehehehhehehehe….



Bisa dijelasin sedikit, mbak, kenapa mbak tertarik untuk mengambil genre comedy romance? Nggak ingin mencoba genre horror, mungkin?


Kalau genre, kebetulan aja yang kelihatan genre komedi romatis. Sebenernya sih dulu malah lebih banyak nulis genre fantasi, sama sempet juga action thriller. Cuma nggak kelihatan kali ya. Wekekekekekek… untuk horor, hati ane belum siap sampe sekarang nulis model begituan. wakakakakakakakakakk

Mungkin, buat yang belum tau mengenai karya mbak Rike, bisa diceritain sedikit mbak, mengenai Precious Lady dan Cat Meet Vet?


Sebenernya cerita-cerita ane itu soal galau-galaunya hati cewek. Dan mereka dapet kesialan di kisah mereka berdua. Sama kayak dua judul itu. precious Lady soal galaunya hati cewek yang harus milih dua cinta. Sama seorang duda, apa sama anak dari duda itu. Sialnya, cuma dua orang itu yang bisa cinta sama si cewek apa adanya. Dan kalau dia milih salah satunya, hubungan keduanya bisa berantakan. Galau kaaan?

Kalau Cat Meets Vet, soal cewek yang benci banget sama playboy dan kesialannya, dia harus terus berhadapan sama cowok yang playboy abis dan gak bisa ngeles sama sekali. Pertama karena itu cowok anak dari dosen pembimbingnya yang doyan jadi comblang mereka berdua. Kedua karena cowok itu dokter hewan dari kucing yang dititipin ke dia. Ketiga, karena cowok itu yang bisa bantu dia lepas dari mantannya. Galau lagi….


Untuk cerita mbak yang sudah tamat di situs aplikasi Wattpad, apakah ada rencana akan dibukukan, mbak? 


Sementara ini yang tamat di watty sih kumpulan cerpen sama Kawin Kontrak. Mau di SP, tapi sapa juga yang doyan. Wakakakakkakakakak… sementara sih biar di watty dulu.


Menurut mbak Rike sendiri, blogger buku itu penting nggak sih, mbak, dalam karir kepenulisan mbak saat ini?

 
Pentinglah. Blogger yang mereview buku kan bisa jadi panduan bagi pembaca yang penasaran sama cerita dari buku yang mereka mau baca. Bahkan kadang ada lho yang merasa seselera sama si blogger, jadi kalau bloggernya bilang itu buku bagus, dia baru baca.



 Yang terakhir ya, mbak. Ada pesan nggak untuk para pembaca setia novel mbak Rike? Dan juga untuk para blogger buku, mbak?


Pesan ya,
Jangan bosen ya sama Acariba. Semoga tetep juga terhibur. Dan buat para blogger buku, jangan kapok-kapok buat review buku acariba yaaaaakkk… AIYOPYUUUUU OLMAIPREEEENNNNNN…..

***

Gimana bincang santai Peek A Book bareng mbak Acariba? Asyik kan? Seru banget kan? Lucu kan jawaban-jawabannya? Bikin ketawa sendiri. Jadi, tambah bikin nggak sabar menanti karya selanjutnya, lagi dan lagi. Kira-kira temanya masih romance komedikah atau berubah haluan menjadi misteri? Kita tunggu saja tanggal mainnya. Ehm, kalau bisa sih, namaku boleh kok dijadiin nama tokoh ceweknya. Hahaha.. *ngarep banget*

Makasih banyak, mbak Acariba, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk berbincang-bincang santai di rumah Peek A Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan sering ngegosip *gosip terbaru apaan yaa, mak?* He.. he.. he..

 Untuk novel dari mbak Acariba yang sudah terbit adalah :

http://peekthebook.blogspot.co.id/2015/06/novel-precious-lady-acariba.html
review
review
                   





















Fiuh, asyikkk, kelar sudah bincang santai Peek A Book bersama dengan Acariba. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog Peek A Book.

***
Bincang santai ini menjadi pilihan dari Peek A Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Setelah adanya Guest Post, akhirnya Peek A Book menambah satu postingan baru yaitu Bincang Santai. Semoga dengan adanya postingan ini, semakin menambah pertemanan di antara para blogger dan penulis yaaa..
***

Tentang Acariba :

Emak somplak kembaran Taylor Swift yang doyan makan. Mengawali menulis untuk dibaca banyak orang di situs wattpad. Selain menulis, terlibat juga dengan kegiatan mengurus anak, mengurus jahitan dan rajutan, juga mengurus khayalan menjadi Taylor Swift. Cerita pertamanya yang dibukukan adalah Precious Lady yang masih berhubungan dengan novel ini dan cerita Kawin Kontrak (wattpad). Menggeluti dunia romens komedi setelah menyadari bahwa kesomplakannya butuh penyaluran sebelum membawa korban.

2 comments:

  1. Hihi lucu jiga ya Mbak Acariba=)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangettt.. bikin perut kram saking banyak ketawa :D

      Delete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...